Langsung ke konten utama

BAHAN PENELAAHAN ALKITAB

BAHAN PANDUAN P.A REMAJA(SISWA/I SMA)


I.      BERTUMBUH DAN BERBUAH (YOHANES 15:1-8)
SEPERTI halnya manusia bertumbuh dari bayi menjadi dewasa, setiap orang percaya juga mengalami proses pertumbuhan secara rohani. Ia harus selalu mendapatkan makanan agar dapat bertumbuh. Pada PA kali ini kita kita akan belajar memahami pentingnya tinggal dalam Kristus, bertumbuh dan menghasilkan buah.
1.       Menurut anda, apa itu firman Tuhan?
2.       Baca Yohanes 15 : 1 – 8
3.       Siapakah pokok (batang utama) anggur yang benar dan siapa yg menjadi pengusahanya (ay.1)?
4.       Saat musim semi, setiap ranting pohon anggur akan dipotong ujungnya agar tunas yang baru menghasilan buah (Lih. Ay. 2). Apa saja buah yang dihasilkan oleh orang percaya? (band. Gal 5:22-25).
5.       Sebagai ranting dari pokok anggur yang benar, hal apa sajakah dari hidup kita yang harus dipangkas agar kita berbuah? Sharingkan!
6.       Bagaimana caranya agar kita menghasilkan buah (ay.4-5)? Apa maksud ‘tinggal di dalam Kristus’? Diskusikanlah!
7.       Apa yang terjadi pada orang yang tidak tinggal di dalam Kristus (ay.6)?
8.       Apa syarat dari diterimanya suatu permohonan (ay.7)? Jelaskan!
9.       Apa yang menjadi tanda kita adalah murid Tuhan dan memuliakan Bapa (ay.8)?
10.   Sebutkan empat kegunaan firman Tuhan agar kita bisa bertumbuh dan menghasilkan buah (2 Tim 3:16)?
11.   Apa saja hal-hal yang anda pelajari dalam PA kali ini?
12.   Berdasarkan hal tersebut, bagaimana firman Tuhan dapat menolong anda bertumbuh? Ambil komitmen dan doakan!
https://yc7jpo.files.wordpress.com/2012/11/untitled-1.jpg?w=640&h=463



II.        CHRISTIAN FRUITHFULNESS (EFESUS 5:1-10)
MENJADI orang percaya berarti kita dipanggil untuk menghasilkan buah yang dapat dinikmati orang-orang disekitar kita. Setelah pada PA bulan lalu kita belajar bagaimana pelayanan berdampak bagi sekeliling, saat ini kita akan belajar bagaimana sikap dan tanggung jawab kita sebagai orang kristen.
1.       Menurut anda, apa perbedaan orang kristen dan non kristen? jelaskan!
2.       Baca Efesus 5:1-10
3.       Apa nasihat Paulus kepada jemaat di Efesus? Apa teladan Yesus yang menjadi dasar untuk hidup dalam kasih (ay.1,2)?
4.       Hal-hal apa sajakah yang harus dihindari orang kristen (ay. 3,4,6)? Mengapa (ay.5)? apa yang anda pahami tentang hal-hal tersebut?
5.       Bagaimana sikap orang kristen dalam menghadapi orang-orang tersebut (ay.7)? (berkawan/be partners-NIV = memiliki rekan untuk melakukan hal tertentu) band. I Kor 15:33. Diskusikanlah!
6.       Paulus mengingatkan bahwa dahulu status orang percaya adalah kegelapan, tetapi sekarang mereka adalah terang. Bagaimana sikap orang kristen hidup dalam statusnya yang baru (ay.2,8,10)? Buah apa yang dihasilkan oleh terang (ay.9)?
7.       Setiap sikap dan perilaku kita mencerminkan status kita sebagai anak-anak, pelajar, mahasiswa atau sudah bekerja. Begitupun sebagai anak-anak terang, setiap yang kita lakukan mencerminkan status kita. Bagikan apa kesulitan saudara hidup sebagai orang kristen, diskusikan solusianya dan sampaikan hal-hal baik yang anda lihat pada teman persekutuanmu!


III.      TO LOVE SOMEBODY (KEJ 24:1-27)
MENEMUKAN teman hidup merupakan pergumulan banyak pemuda Kristen. Hal ini sangat penting karena orang tersebut yang akan menjadi istri/suami kelak. Pada PA hari ini kita belajar mengetahui dan memahami pasangan yang dikehendaki oleh Tuhan.
1.       Apakah saat ini anda sedang menyukai seseorang? Mengapa anda menyukainya? Ceritakan secara singkat!
2.       Baca Kejadian 24:1-27
3.       Abraham telah tua dan ia ingin Ishak anaknya memiliki istri. Siapakah yang diutus Abraham untuk mencari calon menantunya (ay.2)? apa permintaan Abraham pada utusannya tersebut (ay3,4)?
4.       Orang kanaan adalah penyembah berhala dan bermoral rendah. Mengapa Abraham ingin mencari menantu yang seiman dengan anaknya? Mengapa pasangan seiman itu menjadi penting (band. Kej 2:18; Ul. 7:3,4; 2 Kor 6:14,15)? Diskusikan!
5.       Abraham dan hambanya percaya bahwa Allah akan memilihkan istri bagi Yakub (ay.7,12). Mengapa kita harus minta dan percaya kepada Allah pada masa depan termasuk teman hidup (band. Ams 3:5,6; Mat 7:7-11)?
6.       Apa doa hamba tersebut ketika ia bertemu perempuan-perempuan di dekat sumur (ay.11-14)? Karakter/sifat perempuan seperti apa yang tercermin dari doa hamba tersebut (ay.15-20)? Karakter/sifat seperti apa yang penting bagi anda dalam menemukan pasangan hidup? Diskusikan!
7.       Apa yang dilakukan hamba tersebut ketika “tanda” dari Tuhan itu terwujud (ay.21,23,24)? mengapa kita harus berhati-hati “cinta pada pandangan pertama” dan tidak boleh terburu-buru memilih pasangan hidup (Ams 12:15; Ams 19:2)?
8.       Bagaimana PA hari ini menolong anda untuk menemukan seorang yang tepat sebagai pasangan hidup? Diskusikan dan doakan dalam kelompok!

IV.     SIAP KAH KAU TUK JATUH CINTA???(KEJ 2:15-23)
HAL yang benar pada waktu yang salah adalah hal yang salah, anda bisa tahu semua teknik terbaik sebagai petani, tapi jika menanam bibit pada musim yang salah, tidak akan tumbuh. Ada musim yang ditentukan untuk segala sesuatu dalam kehidupan kita, termasuk dalam hubungan. Memulai membangun hubungan pada waktu yang tepat dan orang yang tepat akan membawa kita pada hubungan yang benar. PA kali ini kita akan belajar beberapa prinsip sebelum kita memulai hubungan (pacaran).
1.       Apakah Anda sedang menyukai/menjalin hubungan dengan seseorang?
2.       Siapa yang lebih dahulu melihat kebutuhan kita akan pasangan (Ay.18)?
3.       Apa tugas yang diberikan Tuhan kepada Adam? Apa maksud Tuhan memberikan Tugas kepada Adam (ay.19-20)?
4.       Apa yang Adam rasakan saat memberi nama binatang-binatang (ay. 20?
5.       Pada waktu Adam mulai memikirkan seorang penolong, Apa yang Tuhan buat untuk Adam? Mengapa Adam di tidurkan saat Tuhan Menciptakan Hawa (Ay. 21)?
6.       Mengapa Tuhan menciptakan Hawa dari rusuk Adam? –Bukan dari kepala atau kaki (ay.22)?
7.       Apa Yang Adam Katakan saat membuka mata? Apa ekspresi yang Adam ingin sampaikan lewat kata tersebut (Ay.23)?
8.       Apa yg anda dapat lakukan untuk siap memulai dan atau menjalani hubungan/ pacaran?


V. BUILD THE LOVE( HAKIM-HAKIM 16:4-22)

Apa yang dilakukan Delila agar Simson mau menceritakan tentang kekuatannya? Mengapa Simson tidak menyadari jebakan Delila? (ayat 5, 6, 15, 16, 19)
1.       apa yang terjadi pada Simson ketika dia menyerah pada cintanya kepada Delila? (Ayat 20-21)
2.       Cinta buta yang dimiliki Simson membuat ia melupakan Allah dan membocorkan rahasianya. Apakah yang akan terjadi bila cinta tidak dibangun dengan rasa kewaspadaan akan dosa dan logika? Diskusikanlah!
3.       Dari apa yang telah dibahas, apakah yang seharusnya menjadi pedoman dari sebuah hubungan? Amsal 4:23, 1 Korintus 13:4-7, 1 Korintus 15:33, 2 Korintus 6:14
4.       Dari PA pada hari ini apakah yang anda pelajari tentang membangun sebuah hubungan? Bagikan dan doakan bersama!
“Cinta itu bukan hanya harus memiliki, tapi cinta itu juga harus bertanggung jawab” (Mario Teguh)
VI.      DOA
Martin Luther berkata: ”seperti halnya pekerjaan seorang guru mengajar, pekerjaan seorang petani adalah bertani, demikian juga pekerjaan orang kristen adalah berdoa”. Ini berarti orang tersebut bukan kristen bila ia tidak pernah berdoa. Bahkan lebih dari sebuah pekerjaan, doa adalah anugerah yang diberikan Allah kepada kita untuk bergumul dan berkomunikasi dengannya setiap saat dalam berbagai keadaan dan dimanapun kita berada.

Bagikan ayat-ayat dibawah ini pada masing-masing orang dan daftarkan syarat-syarat doa terjawab.
Yoh 16:242 Taw 7:14Yer 3:33Mat 7:7Fil 4:6,7Yoh 15:7Yoh 14:13,14Mat 21:221 Yoh 5:14,151 Yoh 3:22,23Yak 4:2,3Maz 66:18Yak 1:5-7.
Diskusikanlah:
1.       Mengapa doa itu sangat penting?
2.       Apakah Allah selalu mengabulkan permohonan kita? Bagaimana jika permohonan kita adalah hal yang baik bagi kita/orang lain?
3.       Dari syarat-syarat doa tersebut, syarat apa yang paling sulit/sering anda langgar ketika berdoa? Bagaimana jalan keluarnya? (sharingkan)
4.       Tuliskan minimal 2 kebutuhanmu atau kesempatan yang terbesar di rumah atau studi (entah itu benda-benda, orang, rencana, kegiatan atau sikap)! Berikanlah kepada orang ke-3 di sebelah akann anda, untuk didoakan bersama-sama sebentar malam jam 11.00 WITA bersama-sama.


VII.    ASK, BELIEVE,RECEIVE(MATIUS 15:21-28)

SEBAGAI manusia, kita seringkali mudah goyah dan cepat menyerah saat doa-doa kita seolah tidak terjawab. Kita terlalu fokus pada jawaban-jawaban doa sehingga kita melupakan proses yang Tuhan ingin kita lalui pada pergumulan doa kita. Pada PA kali ini kita akan melihat ujian iman perempuan Kanaan yang membuat imannya dipuji oleh Yesus.
1.       Pernakah anda merasakan akan menyerah saat doa-doa anda seolah tidak terjawab? Ceritakan!
2.       Baca Matius 15:21-28
3.       Setelah Yesus dari Genesaret tiba di Tirus dan Sidon (daerah Fenesia –lihat peta alkitab). Siapa yang datang kepada Yesus? Mengapa ia datang berseru kepada Yesus (ay.22)?
4.       Awalnya Yesus seolah tidak peduli seruan perempuan itu (ay.23a). Namun, apa jawab Yesus ketika murid-murid meminta Ia menyuruh perempuan itu pergi (ay.23b,24)?
5.       Apa yang dilakukan perempuan itu ketika mendengar Yesus seolah menolaknya (ay.25)? apa kemudian respon Yesus (ay.26)?
6.       Istilah “anjing” merupakan pendapat umum orang Israel tentang orang non Israel karena mereka tidak mengindahkan Allah, menyembah berhala dan hidup berdosa. Menurut anda apa yang dirasakan dan dipikirkan perempuan itu?
7.       Apa jawaban perempuan itu ketika melihat Yesus seolah merendahkan/mempermalukannya (ay.27)? Bagaimana tanggapan Yesus melihat iman perempuan itu? Apa yang terjadi kemudian?
8.       Sebutkan lagi, apa respon Yesus ketika perempuan kanaan itu datang memohon kepadanya? Menurut anda, apa yang Yesus ingin lihat dari iman perempuan tersebut?
9.       Kadang sebelum Tuhan menjawab doa kita, Ia menguji kesetiaan iman kita dalam berdoa. Bagaimana firman Tuhan hari ini menolong anda untuk tetap tekun berdoa? Sharingkan!


VIII. IMAN YANG MEMBAWA PENGHARAPAN(MARKUS 5:25-34)

YESUS sangat terkenal karena perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya. Suatu saat Yesus berada di tepi danau dan banyak orang berbondong-bondong mengikuti-Nya. mereka mengerumuni serta berdesak-desakan ingin bertemu dengan-Nya. Termasuk seorang wanita yang mengalami sakit pendarahan. Pada PA kali ini kita akan belajar untuk memiliki pengharapan pada Yesus bagaimanapun keadaan kita.
1.       Pernahkan anda mengalami putus asa? Ceritakan!
2.       Baca Markus 5:25-34
3.       Seorang perempuan mengalami sakit perdarahan berhubungan dengan haidnya. Berapa lama ia mengalami sakit? Apa yang ia lakukan untuk sembuh? Bagaimana hasilnya? (ay.25,26) Menurut anda bagaimana kondisi fisik perempuan ini?
4.       Menurut hukum Yahudi yang menghargai kebersihan, seorang wanita dikatakan najis selama masa haid/pendarahan (Im 15:19-25). Kondisi itu membuat wanita itu tidak bisa melayani dan bersekutu dengan sesamanya. Bagaimana perasaan anda bila anda dilarang untuk bergaul dan melakukan banyak hal karena kelemahan/kekurangan anda?
5.       Apa yang perempuan ini pikir dan lakukan ketika ia mendengar tentang Yesus? Bagaimana hasilnya? (ay 27-29)
6.       Yesus bertanya siapa yang memegang jubah-Nya (ay.30-32). Bagaimana respon wanita itu? Apa jawaban Yesus? (33-34)
7.       Menurut anda mengapa wanita itu bisa sembuh dari sakit pendarahan? Mengapa Yesus menanyakan siapa yang menyentuh-Nya? Diskusikan!
8.       Menurut anda, apakah iman dapat mengeluarkan seseorang dari keputusasaan? Jelaskan!
9.       Apa saja yang anda pelajari pada PA kali ini? Sharingkan!




IX.      KETAATAN YANG MENGHASILKAN BERKAT(ULANGAN 28:1-14)

KETAATAN merupakan bagian dari kesetiaan. Seorang kristen yang setia juga menunjukkan karakter untuk mendengar dan tunduk pada kehendak Tuhan. Pada PA hari ini kita akan belajar bagaimana ketaatan pada Allah menjadi bagian dalam kesetian orang percaya yang menghasilkan berkat bagi dirinya dan sesama.
1.       Menurut anda apa itu ketaatan? Mengapa banyak orang kristen sulit untuk taat pada Tuhan?
2.       Baca Ulangan 28:1-14
3.       Apa saja berkat yang dijanjikan Tuhan pada Israel (ay.1-13)?
4.       Apa yang menjadi syarat untuk mendapatkan berkat-berkat tersebut (ay.1,2,9,13,14)?
5.       Apa tujuan Tuhan memberikan berkatnya (ay.12,13)?
6.       ketaatan adalah syarat untuk mendapatkan berkat, tapi sulit untuk melakukannya secara konsisten. Darimana sebenarnya ketaatan itu berasal (band. Yeh 36:26,27, Ibr 11:8)?
7.       Apa yang terjadi bila seseorang mengejar berkat tapi melupakan Pemberi berkat (tidak taat)? Menurut anda, mengapa hal itu terjadi? Diskusikanlah!
8.       Mengapa ketaatan penting bagi orang percaya? (band. Yoh 14:21; Rom 6:16,17; 1 Pet 1:22)
9.       Bagaimana ketaatan pada Allah juga terwujud dalam kehidupan sehari-hari (Ef 6:1; Ibr 13:17; I Pet 2:13; Kis 5:29)
10.   Berdasarkan PA malam ini, dalam hal apa anda dapat belajar untuk taat? Bagikan dan doakan dalam kelompok!


X.    BERTEKUN MELAKUKAN KEBAIKAN(GAL 6:1-10)

BANYAK orang kristen menuntut mendapatkan suatu keuntungan bila ia telah melakukan suatu hal yang baik. Padahal bagi orang percaya, melakukan kebaikan adalah tujuan dari anugerah keselamatan setiap orang yang beriman kepada Kristus (Ef 2:8-10). Perbuatan baik merupakan wujud syukur atas kasih Tuhan. Pada PA kali ini, kita akan belajar bagaimana hidup kita selalu memancarkan kebaikan bagi orang-orang di sekitar kita dalam setiap keadaan.
1.       Dari semua hal baik yang anda lakukan pada orang lain, perbuatan baik yang paling berkesan? ceritakan!
2.       Baca Galatia 6:1-10
3.       Perbuatan baik apa saja yang dilakukan seorang kristen jika melihat saudara seiman kedapatan melakukan pelanggaran? Jelaskan! (ay.1-2)
4.       Sikap seperti apa yang di perbaharui sebagai bagian dari persaudaraan orang-orang percaya? Mengapa? (ay.3-6)
5.       Mengapa orang kristen tidak bisa seenaknya melakukan hal yang buruk? Diskusikan! (ay.7-8)
6.       Mengapa kita tidak boleh bosan dalam berbuat kebaikan? (ay.9-10 band. Amsal 3:27; 11:27; Yes 1:16-17)
7.       Hal apa yang anda dapat melalui PA hari ini? Apa perbuatan baik yang dapat anda lakukan dalam waktu dekat?

Jangan menunda untuk berbuat kebaikan selagi kamu masih bisa melakukannya (Bobby)


XI. TAHAN UJI(2 TIMOTIUS 1:8-18)

PERNAHKAN anda merasa mengikuti Yesus terlalu banyak tuntutan? Timotius mengalami hal tersebut. Sebagai seorang yang masih muda, ia mengalami rasa rendah diri dan masalah di jemaat. Begitupun Paulus, pembimbingnya sedang dipenjara dan banyak orang yang meninggalkan imannya. Sebagai suratnya terakhir sebelum dihukum mati, Paulus menantang Timotius untuk bertahan.
1.       Penahkah anda merasa ingin melepaskan diri dari ‘anak Tuhan’ dan kembali ke cara hidup yang lebih mudah? Ceritakan!
2.       Baca 2 Timotus 1:8-18
3.       Paulus menasehati Timotius agar tidak malu bersaksi (8a). Mengapa Timotius mungkin merasa malu bersaksi tentang Tuhan atau malu akan Paulus?
4.       Paulus juga mengajak Timotius untuk ikut menderita bagi Injil (8b).setelah itu kebenaran-kebenaran khusus apa yang disampaikan pada Timotius (ay.9-10)? Bagaimana kebenaran itu menguatkan untuk tidak malu akan Kristus?
5.       Sebutkan 5 nasihat Paulus pada Timotius (ay.12-14? Jelaskan!
6.       Apa yang dialami Paulus ketika tetap berpegang pada Kristus (ay.15)? Menurut anda, bagaimana perasaan Paulus ketika ia ditinggalkan dan dipenjarakan sendirian?
7.       Apa godaan yang anda alami saat hidup bersama Tuhan? Bagaimana anda menghadapinya? Sharingkan!
8.       Apa saja yang anda pelajari pada PA kali ini? Sharingkan!


XII.      MELAYANI KELUARGA(LUKAS 7:36-50)

MENGHORMATI orang tua bukanlah perintah yang baru bagi orang kristen. Tapi pada kenyataannya banyak orang yang mengacuhan orangtuanya padahal mereka dibesarkan dengan penuh kasih. Di bulan keluarga ini, kita akan belajar tentang alasan dan bagaiman kita mengasihi keluarga kita.
1.       Menurut anda, apa saja alasan orang tua menyayangi anaknya? Sebutkan!
2.       Baca Lukas 7: 36 – 50
3.       Seorang Farisi mengundang Yesus makan di rumahnya (ay.36). Apa yang terjadi saat Yesus sedang makan (ay.37-38)? Bagaimana respon sang pemilik rumah (ay.39)?
4.       Budaya Yahudi saat itu, ketika menjamu tamu terhormat pemilik rumah menyambut dengan mencium pipi sang tamu, membasuh kaki, meminyaki rambut dan janggut dan memakaikan pakaian khusus. Simon, sang tuan rumah, tidak melakukan hal itu pada Yesus. Bagaimana ilustrasi Yesus pada ay.40-43 membedakan orang Farisi dan perempuan yang berdosa itu? Jelaskan (ay.44-47)!
5.       Seseorang yang merasakan anugrah Yesus dapat menunjukan kasihnya kepada Allah. Apa respon Yesus pada perempuan tersebut (ay.48-50)? Menurut anda bagaimana perasaan perempuan itu?
6.       Dalam hal apa sajakah kita dapat merasakan orangtua mengasihi kita? Bagaimana sikap kita pada mereka? Band. Kel 20:12; Ams 1:8-9; Ams 4:1-2; Mat 15:4; Ef 6:1-3.
7.       Apa saja yang dapat kita lakukan untuk melayani keluarga kita? Berikan contoh!



XIII.    MENJADI TERANG DI KELUARGA(2 TIMOTIUS 2:20-26)

SEBAGAI seorang anak dalam keluarga, kita seringkali dianggap terlalu kecil untuk melakukan hal-hal yang besar. Akan tetapi disaat yang sama kita dianggap tidak pantas melakukan hal kecil karena sudah dewasa. Hal ini membuat banyak pemuda bingung dalam memberi peran pada keluarganya. Pada bulan keluarga saat ini, kita akan belajar bagaimana peran pemuda dalam membangun kepercayaan dalam keluarganya. 
1.       Menurut anda skala 1-10 (1 terendah, 10 tertinggi), seberapa jauh anda dikenal oleh keluarga anda? Beri alasan!
2.       Baca 2 Timotius 2:20-26
3.       Paulus mengilustrasikan hidup di hadapan Allah seperti perabot dalam rumah yang besar untuk maksud mulia dan kurang mulia(ay.20). menurut anda apa maksud pekerjaan yang mulia tersebut(ay.21)?
4.       Bagaimana seseorang dapat dipercaya menjadi “perabot yang mulia” tersebut (ay.21,22)? Jelaskan!
5.       Pada sebuah keluarga, menurut anda, apa yang membuat seseorang dipercaya melakukan suatu hal yang besar atau penting? Ceritakan pengalaman anda!
6.       Mengapa Paulus meminta menghindari persoalan yang dicari-cari, bodoh dan tidak layak(ay.23)? Berikan contoh pertengkaran yang tidak bodoh dan tidak layak dalam keluarga anda!
7.       Membangun relasi dan saling menolong sangat penting dalam persekutuan, begitu juga dalam keluarga. Apa yang Paulus nasihatkan dalam menghadapi orang yang suka melawan (ay.24-26)?
8.       Apa yang anda pelajari dari firman Tuhan hari ini tentang menjadi terang di keluarga anda? Bagaimana membangun kepercayaan dalam keluarga anda? Buat komitmen!


XIV. PEMULIHAN KELUARGA

PEMULIHAN berasal dari kata pulih yang berarti kembali menjadi baik/sehat. Keluarga merupakan bagian dari kehidupan kita. Peran seorang pemuda sangat penting dalam membantu penyelesaian konflik dalam keluarga Pada bulan keluarga kali ini kita kita akan belajar tentang konflik dalam keluarga Ishak dan bagaimana mereka mengelola dan menyelesaiakan konflik.
1.       Apa saja yang dapat menjadi sumber konflik dalam keluarga? Ceritakan!
2.       Baca Kejadian 25:24-33; 27:1-46.
3.       Siapakah Esau dan Yakub? Daftarkan persamaan dan perbedaan mereka berdua! (Kej 25:24-28)!
4.       Esau menjual hak kesulungannya dengan makanan dianggap konflik awal Esau dan Yakub (Kej 25:29-33). Menurut anda mengapa hal tersebut bisa terjadi?
5.       Apa yang diperintahkan Ishak pada Esau (Kej 27:1-4)? Apa yang dilakukan Ribka ketika mendengar hal tersebut (27:5-10,13-17)? Bagaimana respon Yakub (Kej 27:11,12,18-29)? Apa tanggapan Esau setelah mengetahui Yakub menipu ayahnya (ay.40-41)? Apa yang dilakukan Ribka setelah mendengar kemarahan Esau (ay.42-45)?
6.       Menurut anda, apa penyebab terjadinya konflik dalam keluarga Ishak? Jelaskan!
7.       Setelah melarikan diri dan bertahun-tahun tinggal rumah Laban, Yakub dan keluarganya pulang ke tanah kelahirannya (Kej 28-32). Bagaimana sikap Esau saat bertemu dengan Yakub (Kej 33:1-4)?
8.       Mengapa Esau mau memaafkan dan memulihkan hubungan dengan Yakub? Menurut anda apa solusi untuk penyelesaian konflik dalam keluarga? Jelaskan!
9.       Peran apa yang anda dapat lakukan sebagai seorang anak ketika menengahi konflik dalam keluarga? Bagikan dan doakan keluarga anda dalam kelompok!


XV.      SUKACITA YANG SEJATI  (HABAKUK 3:17-19)
BANYAK orang berpikir bahwa untuk bersukacita tergantung situasi dan kondisi. Kalau lagi senang kita bersukacita tapi saat kita diterpa masalah dan cobaan, sukacita itu mungkin hilang. Pada PA kali ini kita akan belajar bagaimana caranya memiliki sukacita yang sejati.
1.       Apakah anda sukacita hari ini? Pernahkan anda berada dalam situasi sulit untuk bersukacita? Ceritakan!
2.       Baca Habakuk 3:17-19
3.       Apa saja kemalangan yang Nabi Habakuk gambarkan menurut ayat 17?
4.       Pada zaman dahulu, kehidupan masyarakat sangat tergantung pada hasil ladang dan ternak. Bagaimana perasaan anda bila tidak memiliki apa-apa seperti yang dimaksud Habakuk? Diskusikan!
5.       Apa maksud dari ungkapan “aku akan bersorak – sorai dalam Tuhan? Apakah hal itu dilakukan karena Tuhan telah melepaskannya dari segala kesulitan? Jelaskan! (ay. 18)
6.       Kadang Tuhan tidak meniadakan masalah, tapi memberikan kekuatan untuk menaklukan berbagai tantangan. Bagaimana Habakuk menggambarkan peran Tuhan dalam permasalahannya (ay.19)?
7.       Bagaimana dapat bersukacita dalam keadaan yang sulit? (Band. Maz.126:6; Rm 12:12; Ef 5:19)
8.       Apakah PA saat ini menambah sukacita anda hari ini? Bagikan dan doakan.


XVI.    DAMAI SEJAHTERA(FILIPI 4:6-9)
DAMAI sejahtera bukan saja berupa salam bagi orang kristen (syalom) tetapi merupakan milik bagi orang percaya. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari banyak orang masih belum mengetahui bagaimana damai sejahtera bekerja dan menumbuhkannya. Pada PA kali ini kita akan belajar bagaimana dampak damai sejahtera dan bagaimana menghadirkan damai sejahtera dalam hidup orang percaya.
1.       Hal apa saja yang dapat menghilangkan rasa damai sejahtera dalam diri anda? Ceritakan!
2.       Baca Filipi 4:6-9.
3.       Bagaimana caranya agar kita tidak perlu khawatir tentang apapun (6)? Apa hasilnya bagi hati dan pikiran kota (7)? Siapa sumber damai sejahtera itu (Band. Yoh 14:27)?
4.       Mengapa ucapan syukur dalam doa dan permohonan penting bagi kita untuk mendapatkan damai sejahtera ? Jelaskan!
5.       Apa yang ada di pikiran kita akan mempengaruhi damai sejahtera dalam hidup kita. Apa saja hal penting yang dimasukkan dalam pikiran kita (ay.8)? Bagaimana hal tersebut dapat membawa damai sejahtera?
6.       Menurut anda apakah konflik, kedukaan, perbuatan jahat, bencana atau perang dapat menghilangkan damai sejahtera? Jelaskan!
7.       Menurut Paulus jemaat Filipi telah pelajari, terima, dengar dan lihat semua pengajarannya tentang Allah. Apakah itu cukup (ay.9)? Mengapa itu penting?
8.       Menerima dan melakukan firman Tuhan membuat damai sejahtera tumbuh dalam diri anda. Hal apa yang dapat anda lalukan untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan Allah? Bagikan dan doakan dalam kelompok!

Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya. (Yes 32:17)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tata Ibadah Singkat Ulang Tahun Marga

PARTORDING NI ACARA PESTA NO ACARA WAKTU PELAKSANA KET 1 IBADAH 09.00 -11.00 SEKSI IBADAH 2 HATA HUHUASI 1.KETUA PANITIA 2.KETUA TOGA SIPOHOLON 3.PENASEHAT 11.00 -11.30 PANITIA 3 MAMBUAT TUA NI GONDANG 11.30 -12.00 SUDE 4 4.1.LELANG 4.2.MARSIPANGANON 4.3.LELANG 4.4.PILO-PILO SIAN BORU, BERE,  IBEBERE NI TOGA SIPOHOLON 4.5.LELANG 4.6.PILO-PILO:SITUMEANG 4.7.LELANG 4.8.PILO-PILO:SIMANUNGKALIT 4.9.LELANG 4.10.PILO-PILO:            SIBAGARIANG/HUTAURUK 4.11.LELANG 12.00 -17.30 PANITIA 5 PENGUMUMAN JUARA LELANG GOTONG ROYONG SEKALIGUS PASAHATHON HADIAH 17.30-17.45 PANITIA 6 PENGUMUMAN HASIL...

Contoh Liturgi Natal Pelajar

I.                     PENDAHULUAN 1.        PROSESI 2.        PENYALAAN LILIN 2.1.              Pengkhotbah 2.2.              Liturgis 2.3.              Mewakili Guru 2.4.              Pengurus Yayasan Panti Asuhan 2.5.              Ketua Perayaan Natal 3.        KATA SAMBUTAN 3.1.              Ketua Perayaan Natal 3.2.              Mewakili Guru 3.3.    ...

TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN PAK

A.    Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah sebuah konsep integrasi dari tiga unsur yang berbeda; teknologi, pedagogi, dan konten pengetahuan. Pengetahuan tentang ketiganya disatukan menjadi sebuah kemampuan pendidik yang komprehensif dalam dunia pendidikan bernama TPACK. Tiga unsur yang disatukan dalam perencanaan, proses dan evaluasi pendidikan itu menjadi trio yang hebat dalam pengembangan ekosistem pendidikan masa depan yang dikenal sebagai era teknologi digital. Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan (kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan dengan pengembangan jaman. Jadi, TPACK adalah sebuah konsep yang tepat sebagi sebuah instrument implementasi kurik...

PEMBELAJARAN ABAD 21

A.    GLOBALISASI DAN KESADARAN GLOBAL Mungkin kita sudah sering mendengar istilah global ini, terutama saat ini kita memasuki era yang sering disebut dengan era globalisasi. Dari istilahnya saja kita sebenarnya dapat memahami bahwa globalisasi mengandung pengertian proses. Istilah globalisasi saat ini menjadi sangat populer karena berkaitan dengan gerak pembangunan Indonesia, terutama berkaitan dengan sistem ekonomi terbuka, dan perdagangan bebas. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan yang semakin tajam, padatnya informasi, kuatnya komunikasi, dan keterbukaan. Tanpa memiliki kemampuan ini maka Indonesia akan tertinggal jauh dan terseret oleh arus globalisasi yang demikian dahsyat. Sejak kapankah globalisasi muncul? Tidak ada kepastian tentang hal ini, akan tetapi isu globalisasi menerpa di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek kehidupan yang mendapat terpaan globalisasi yang paling kuat adalah aspek ekonomi ( Dollar, David 2007 ). Menjelang tahun ...

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GENAP

Silabus Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti           Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Kelas / Semester          : X/Genap Tahun Pelajaran          : 201 8 /201 9 Alokasi waktu              : 3 jam x 19 minggu - semester 2 No Materi Jam Pelajaran 1. Bertumbuh menjadi dewasa 18 JP 2. Makna kesetiaan,    keadilan, dan kasih 18 JP 3. Peran Roh Kudus bagi orang percaya 18 JP 4. Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain 24 JP 5. Keberadaan Allah...

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GANJIL

Silabus Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti           Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Kelas / Semester          : X/Ganjil Tahun Pelajaran          : 201 8 /201 9 Alokasi waktu              : 3 jam x 19 minggu - semester 1 No Materi Jam Pelajaran 1. Bertumbuh menjadi dewasa 18 JP 2. Makna kesetiaan,    keadilan, dan kasih 18 JP 3. Peran Roh Kudus bagi orang percaya 18 JP 4. Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain 24 JP 5. Keberadaan Allah...

BANK SOAL KELAS XII

I.PILIHAN GANDA 1.       Didalam ajaran Kristen, Gereja digambarkan sebagai   .... a.        Gedung yang megah b.       perkumpulan c.        Tempat Ibadah d.       Institusi sosial e.        Orang-orang yang dipanggil Tuhan 2.       Sifat Gereja yang memiliki arti bukan sekedar bangunan atau merek denominasi adalah.... a.        kudus b.       persekutuan orang percaya c.        oikumenis d.       satu e.        semua benar 3.       Hubungan Gereja dengan Pemerintah   digambarkan/diceritakan dalam kitab.... a.        Roma b.       Kisah Para ...

EVALUASI PEMBELAJARAN-1

KEGIATAN BELAJAR 1: KONSEP DAN PENERAPAN  PENGUKURAN, PENILAIAN, TES  DAN EVALUASI PEMBELAJARAN Pengukuran, penilaian dan evaluasi adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia penidikan. Hanya dalam praktiknya seringkali terjadi kerancuan dalam penggunaannya. Kenyataan ini dapat dipahami karena istilah-istilah tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sebagai pendidik dipandang penting  mengetahui dengan baik dan benar dari istilah-istilah tersebut.  Ada tujuan, fungsi, prinsisp-prinsip evaluasi, tes, skala pengukuran, pendekatan penilaian dan acuan penilaian. Dan setelah mempelajari materi-materi tersebut diharapkan dapat memahami dengan baik dan benar tentang pengukuran, penilaian, tes dan evaluasi dengan segala unsur dan komponen-komponen tersebut. A. MEMBEDAKAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI 1. Pengukuran Pada hakekatnya mengukur adalah memberikan angka pada fakta yang diukur yang diwujudkan dalam bentuk simbol angka atau bila...

TUJUAN, MANFAAT DAN KELEBIHAN/KEKURANGAN MODEL PEMBELAJARAN

Penerapan model-model Pembelajaran? Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Model Model Pembelajaran yang saya terapkan selama ini di SMA Negeri  4 Padangsidimpuan adalah: 1.     Discovery Learning 2.     Project Based Learning 3.     Problem Based Learning 4.     Pembelajaran Kontekstual 5.     Pembelajaran Inkuiri Apakah   Tujuan, manfaat, fungsi langkah-langkah peran dan  kelebihan dan kekurangannya. 1.     Discovery Learning Tujuan: Model pembelajaran Discovery Learning bertujuan mengarahkan siswa untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan Manfaat: 1.     Membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan keterampilan kognisi. Usaha penemuan merupakan kunci dalam proses ini dimana keberhasilan tergantung pada bagaimana cara belajarnya. 2.     Pengetahuan...