Silabus
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti
Satuan
Pendidikan : SMA
Negeri 4 Padangsidimpuan
Kelas
/ Semester : X/Genap
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
No
|
Materi
|
Jam
Pelajaran
|
1.
|
Bertumbuh
menjadi dewasa
|
18
JP
|
2.
|
Makna kesetiaan, keadilan,
dan kasih
|
18
JP
|
3.
|
Peran Roh Kudus bagi orang percaya
|
18
JP
|
4.
|
Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati;
Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain
|
24
JP
|
5.
|
Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan; Karya Allah dalam
membaharui kehidupan; Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia
dan alam.
|
24
JP
|
102
JP
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
1.4 Mensyukuri karunia Allah
melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
2.2
Bersedia
hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
3.4
Menganalisis
makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
4.4
Membuat
proyek mengenai kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
|
- Karunia Allah dalam
kepelbagaian
- Persahabatan yang sejati.
- Pacaran yang sehat menurut iman
Kristiani.
-
Diriku
bersama dengan orang lain
|
1.4.1 Menyambut karunia Allah melalui kebersamaan dengan
orang lain tanpa kehilangan identitas
2.2.1 Membiasakan hidup bersama dengan orang lain tanpa
kehilangan identitas
3.4.1 Mengaitkan Kepelbagaian Manusia Menurut Alkitab
3.4.2 Menemukan Karunia Allah dalam Kepelbagaianmelalui
membaca literatur.
3.4.3 Menemukan Penjelasan Bahan Alkitab 1 Petrus
3:15,Galatia 3:28, Kejadian 1:28, Kejadian 1:1-2:4, Kejadian 11:1-9
3.4.4 Menemukan arti cinta dan pacaran melalui membaca
literatur.
3.4.5 Mengoreksi arti pacaran tanpa kehilangan identitas
sebagai remaja Kristen melalui membaca
literatur.
3.4.6 Menganalis tentang hidup menyenangkan tanpa
kehilangan identitas sebagai remaja KristenMelalui lagu.
3.4.7 Menganalisis Apa Kata Alkitab mengenai Cinta dan
Persahabatan
3.4.8 Menemukan Penjelasan Bahan Alkitab Kejadian 2:18-25,
1 Korintus 13
3.4.9 Menganalisis tujuan orang berpacaran melalui membaca
literatur.
3.4.10 Menjelajah bagian Alkitab yang dijadikan acuan
mengenai batasa-batas dalam berpacaran dibandingkan dengan gaya berpacaran
remaja masa kini melalui membaca literatur.
3.4.11 Menemukan dampak positif dan negatif dari hubungan
pacaran di kalangan remaja melalui
membaca literatur.
3.4.12 Menganalisis beberapa penyimpangan yang terjadi
dalam hubungan pacaran melalui membaca literatur.
3.4.13 Menganalisis Batas-Batas Pacaran menurut Standar
Moral Alkitabmelalui membaca literatur.
3.4.14 Menemukan Cara-Cara Menyatakan Suka kepada Seseorangmelalui
membaca literatur.
3.4.15 Menemukan Ekspresi Rasa Suka dan Cinta yang Sesuai
dengan Ajaran Iman Kristen
3.4.16 Menemukan Beberapa Penyimpangan dalam Masa Pacaran dan
Pergaulan Remaja Masa Kinimelalui membaca literatur.
3.4.17 Menganalisis Penjelasan Bahan Alkitab, Yeremia
29:11, Amsal 23:18, 1 Korintus 3:16
3.4.18 Menyimpulkan Pengertian Ras, Etnis dan Gendermelalui
membaca literatur.
3.4.19 Menemukan Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan
Gender
3.4.20 Menemukan Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan
Gender melalui membaca literatur.
3.4.21 Menegaskan Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan
Rasmelalui membaca literatur.
3.4.22 Menemukan Penjelasan Bahan Alkitab, Lukas 10:25-36,
Roma 10:12, Keluaran 22:21
4.4.1 Merancang proyek mengenai kebersamaan dengan orang
lain tanpa kehilangan identitas
|
·
Mengamati
kemajemukan yang ditemukan di lingkungan dan di masyarakat: dari segi
suku/adat istiadat, makanan, bahasa/ dialek, agama, dsb. Melaporkan hasil pengamatannya melalui
berbagai penampilan seperti: pakaian adat, makanan khas, nyanyian daerah,
logat bahasa daerah, gambar-gambar rumah ibadah dan ritual agama dari
masing-masing agama.
·
Membagikan
suka-duka dalam pengalamannya menjalin hubungan pertemanan dan persahabatan.
·
Melakukan
curah pendapat tentang pacaran yang sehat dalam kehidupan mereka sebagai
remaja. Dapat dimulai dengan berbagi cerita tentang alasan menyukai
seseorang/alasan jatuh cinta.
·
Mendiskusikan
tentang pacaran dalam Iman Kristen (teks pembanding: I Korintus 3:16-17 ; 6:
18-20 ; Roma 1:24-29). Cerita Alkitab pembanding adalah Kisah Simson dan
Delila.
·
Mendiskusikan
bagaimana caranya membangun hubungan
pacaran yang baik dan bertanggungjawab.
·
Mengkaji
prinsip-prinsip persahabatan yang
Yesus teladankan, yang membuat identitas diri-Nya makin nampak, antara lain:
- melayani dengan merendahkan
diri (Yohanes 13:15).
- saling mengasihi (Yohanes
15:12-17).
- mempercayai seseorang
dengan memberikan kesempatan (Yohanes
18:12-27).
·
Mengaji
tentang pentingnya memelihara identitas diri sebagai pribadi dan remaja
Kristen di tengah keberagaman berdasar pada kehidupan Nuh ( Kejadian 6:9,
11,12) dan Salomo (I Raja-raja 11:38) ; (Bandingkan beberapa bagian Firman
Tuhan Roma 1:17, Yehemia 18:19-20,
Galatia 2 :14, II Petrus 2:4-10, I Yohanes 1 : 6, I Yohanes 5:20, III Yohanes 1:3).
·
Membuat
sebuah poster dan mensosialisasikan di kalgan remaja mengenai pacaran yang sehat sesuai iman Kristen.
·
Menulis cerita dengan tema “Remaja Kristen di
Tengah Keberagaman” sebagai bentuk ungkapan pemahaman akan iman Kristen yang
dewasa
|
24 JP
|
·
Buku
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·
Sumber
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
|
1.5Mensyukuri
keberadaan Allah sebagai
pembaharu kehidupan manusia dan alam
2.5
Merespon
keberadaan Allah sebagai pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan
alam
3.5 Memahami keberadaan Allah
sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
4.5 Membuat karya yang berkaitan
dengan peran Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
|
-
Keberadaan
Allah sebagai pembaharu kehidupan.
-
Karya
Allah dalam membaharui kehidupan.
-
Peran
remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia dan alam.
|
1.5.1
Meyakini
keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
2.5.1
Menyambut
keberadaan Allah sebagai pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan
alam
3.5.1
Menceritakan
mengenai allah sebagai pembaharu kehidupanmelalui membaca literatur
3.5.2
Mengemukakan
cara yang tepat dalam perenspons karya pembaharuan allah bagi dirinya dalam
hubungannya dengan sesama manusia melalui membaca literatur
3.5.3
Menggali makna
pembaharuan bagi manusia dan alam ciptaan allahmelalui membaca literatur
3.5.4
Menguraikan
dampak pembaharuan oleh allah bagi orang percayamelalui membaca literatur
3.5.5
Menguraikan
penjelasan bahan alkitab 2 korintus 5:17, galatia 5:22-2
3.5.6
Menerangkan
bagaimana allah membaharui manusia dan alam serta apa dampak bagi peserta didik melalui membaca
literatur
3.5.7
Menggali
beberapa bagian alkitab dan menjabarkan pembaharuan yang dimaksudkan dalam bagian alkitab itu melalui
membaca literatur
3.5.8
Menguraikan
cara menerapkan hidup baru dalam kehidupan pribadi dan sosial.
3.5.9
Menggali makna
karya allah dalam membaharuiKehidupanmelalui membaca literatur
3.5.10 Menggali makna pembaharuan dalam kaitannya dengan
pemulihan hidup antara manusia dengan
alam melalui membaca literatur
3.5.11 Menguraikan penjelasan bahan alkitab yohanes 3:1-8, yeremia
31:31-34, 2 korintus 5:17
3.5.12 Menggali makna sebagai pembaharu melalui membaca
literatur
3.5.13 Menceritakan nehemia membangun kembali tembok kota
yerusalemmelalui membaca literatur
3.5.14 Mengartikan menjadi garam dan terang kehidupanmelalui
membaca literatur
3.5.15 Menguraikan indikator sebagai pembaharu kehidupan
manusia dan Alam
3.5.16 Menguraikan penjelasan bahan alkitab, matius
5:13-15, nehemia 2:1-20
4.5.1
Merancang
karya yang berkaitan dengan peran Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia
dan alam
|
·
Mengamati
lingkungan sekitar sambil merenungkan, apakah semua yang terjadi di alam
adalah karena kebetulan, atau karena Allah yang Mahakuasa mengambil peranan
penting?
·
Melakukan
refleksi bagaimana Allah membaharui kehidupan alam dan manusia.
·
Mengaji cerita inspiratif dan menarik
hubungannya dengan pengalaman pribadi mereka. Cerita inspiratif bisa diambil
dari Alkitab ataupun cerita lainnya tentang Tokoh Humanis atau para pekabar
Injil. Inti cerita tentang Pembaharuan Hidup
·
Membahas
bagian Alkitab mengenai Allah yang membaharui hidup manusia dan alam. (Jika
memungkinkan, peserta didik dapat menonton bersama film tentang Kisah
Nuh). Diambil dari teks Yeremia 1:
4-10 tentang Yeremia yang diangkat oleh Allah untuk mencabut dan merubuhkan,
membinasakan dan meruntuhkan, membangun dan menanam, atau dengan kata lain
membuang yang rusak dan menghasilkan pembaharuan.
·
Dalam
kelompok, membahas bagian Alkitab yang menulis tentang Allah yang membaharui
hidup manusia dan alam
· Membuat tulisan pendek atau karya kreatif lainnya tentang peran
remaja Kristen dalam turut serta mendukung pembaharuan hidup manusia dan
alam. Tulisan atau karya tersebut dibahas dalam 1 kali pertemuan (dibacakan
atau dipresentasikan) (Contoh karya kreatif: tulisan, lukisan, puisi, doa,
karya seni lainnya).
|
24
Jam
|
·
Buku
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·
Sumber
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
|
Padangsidimpuan, 17
Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 4 Padangsidimpuan
Guru Mata Pelajaran
JAHRONA SINAGA, S.Pd GESMAN HUTAURUK,S.Th
NIP .19651228 199512 2
001 NIP. 198409012010011015
Komentar
Posting Komentar