Langsung ke konten utama

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GENAP


Silabus


Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti         
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan
Kelas / Semester         : X/Genap
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi waktu             : 3 jam x 19 minggu - semester 2


No
Materi
Jam Pelajaran
1.
Bertumbuh menjadi dewasa
18 JP
2.
Makna kesetiaan,  keadilan, dan kasih
18 JP
3.
Peran Roh Kudus bagi orang percaya
18 JP
4.
Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain
24 JP
5.
Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan; Karya Allah dalam membaharui kehidupan; Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia dan alam.
24 JP

102 JP


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
1.4  Mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

2.2    Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

3.4    Menganalisis makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

4.4    Membuat proyek mengenai kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas


-   Karunia Allah dalam kepelbagaian
-   Persahabatan yang sejati.
-   Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani.
-   Diriku bersama dengan orang lain
































1.4.1       Menyambut karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
2.2.1       Membiasakan hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
3.4.1       Mengaitkan Kepelbagaian Manusia Menurut Alkitab
3.4.2       Menemukan Karunia Allah dalam Kepelbagaianmelalui membaca literatur.
3.4.3       Menemukan Penjelasan Bahan Alkitab 1 Petrus 3:15,Galatia 3:28, Kejadian 1:28, Kejadian 1:1-2:4, Kejadian 11:1-9
3.4.4       Menemukan arti cinta dan pacaran melalui membaca literatur.
3.4.5       Mengoreksi arti pacaran tanpa kehilangan identitas sebagai remaja  Kristen melalui membaca literatur.
3.4.6       Menganalis tentang hidup menyenangkan tanpa kehilangan identitas sebagai remaja KristenMelalui lagu.
3.4.7       Menganalisis Apa Kata Alkitab mengenai Cinta dan Persahabatan
3.4.8       Menemukan Penjelasan Bahan Alkitab Kejadian 2:18-25, 1 Korintus 13
3.4.9       Menganalisis tujuan orang berpacaran melalui membaca literatur.
3.4.10   Menjelajah bagian Alkitab yang dijadikan acuan mengenai batasa-batas dalam berpacaran dibandingkan dengan gaya berpacaran remaja masa kini melalui membaca literatur.
3.4.11   Menemukan dampak positif dan negatif dari hubungan pacaran di  kalangan remaja melalui membaca literatur.
3.4.12   Menganalisis beberapa penyimpangan yang terjadi dalam hubungan pacaran melalui membaca literatur.
3.4.13   Menganalisis Batas-Batas Pacaran menurut Standar Moral Alkitabmelalui membaca literatur.
3.4.14   Menemukan Cara-Cara Menyatakan Suka kepada Seseorangmelalui membaca literatur.
3.4.15   Menemukan Ekspresi Rasa Suka dan Cinta yang Sesuai dengan Ajaran Iman Kristen
3.4.16   Menemukan Beberapa Penyimpangan dalam Masa Pacaran dan Pergaulan Remaja Masa Kinimelalui membaca literatur.
3.4.17   Menganalisis Penjelasan Bahan Alkitab, Yeremia 29:11, Amsal 23:18, 1 Korintus 3:16
3.4.18   Menyimpulkan Pengertian Ras, Etnis dan Gendermelalui membaca literatur.
3.4.19   Menemukan Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender
3.4.20   Menemukan Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender melalui membaca literatur.
3.4.21   Menegaskan Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Rasmelalui membaca literatur.
3.4.22   Menemukan Penjelasan Bahan Alkitab, Lukas 10:25-36, Roma 10:12, Keluaran 22:21
4.4.1       Merancang proyek mengenai kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
·         Mengamati kemajemukan yang ditemukan di lingkungan dan di masyarakat: dari segi suku/adat istiadat, makanan, bahasa/ dialek, agama, dsb.  Melaporkan hasil pengamatannya melalui berbagai penampilan seperti: pakaian adat, makanan khas, nyanyian daerah, logat bahasa daerah, gambar-gambar rumah ibadah dan ritual agama dari masing-masing agama.
·       Membagikan suka-duka dalam pengalamannya menjalin hubungan pertemanan dan persahabatan.
·       Melakukan curah pendapat tentang pacaran yang sehat dalam kehidupan mereka sebagai remaja. Dapat dimulai dengan berbagi cerita tentang alasan menyukai seseorang/alasan jatuh cinta. 
·       Mendiskusikan tentang pacaran dalam Iman Kristen (teks pembanding: I Korintus 3:16-17 ; 6: 18-20 ; Roma 1:24-29). Cerita Alkitab pembanding adalah Kisah Simson dan Delila.
·       Mendiskusikan bagaimana caranya  membangun hubungan pacaran yang baik dan bertanggungjawab.
·      Mengkaji prinsip-prinsip  persahabatan yang Yesus teladankan, yang membuat identitas diri-Nya makin  nampak, antara lain:
-       melayani dengan merendahkan diri (Yohanes  13:15).
-       saling mengasihi (Yohanes 15:12-17).
-       mempercayai seseorang dengan  memberikan kesempatan (Yohanes 18:12-27).
·      Mengaji tentang pentingnya memelihara identitas diri sebagai pribadi dan remaja Kristen di tengah keberagaman berdasar pada kehidupan Nuh ( Kejadian 6:9, 11,12) dan Salomo (I Raja-raja 11:38) ; (Bandingkan beberapa bagian Firman Tuhan  Roma 1:17, Yehemia 18:19-20, Galatia 2 :14, II Petrus 2:4-10, I Yohanes 1 : 6,  I Yohanes 5:20, III Yohanes 1:3).
·      Membuat sebuah poster dan mensosialisasikan di kalgan remaja mengenai  pacaran yang sehat sesuai iman Kristen.
·      Menulis  cerita dengan tema “Remaja Kristen di Tengah Keberagaman” sebagai bentuk ungkapan pemahaman akan iman Kristen yang dewasa
24 JP
·     Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·     Sumber Internet

·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Portofolio

1.5Mensyukuri
keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
2.5    Merespon keberadaan Allah sebagai pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan alam

3.5    Memahami keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam

4.5 Membuat karya yang berkaitan dengan peran Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
-    Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan.
-    Karya Allah dalam membaharui kehidupan.
-    Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia dan alam.










1.5.1        Meyakini keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
2.5.1        Menyambut keberadaan Allah sebagai pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan alam
3.5.1        Menceritakan mengenai allah sebagai pembaharu kehidupanmelalui membaca literatur
3.5.2        Mengemukakan cara yang tepat dalam perenspons karya pembaharuan allah bagi dirinya dalam hubungannya dengan sesama manusia melalui membaca literatur
3.5.3        Menggali makna pembaharuan bagi manusia dan alam ciptaan allahmelalui membaca literatur
3.5.4        Menguraikan dampak pembaharuan oleh allah bagi orang percayamelalui membaca literatur
3.5.5        Menguraikan penjelasan bahan alkitab 2 korintus 5:17, galatia 5:22-2
3.5.6        Menerangkan bagaimana allah membaharui manusia dan alam serta apa  dampak bagi peserta didik melalui membaca literatur
3.5.7        Menggali beberapa bagian alkitab dan menjabarkan pembaharuan  yang dimaksudkan dalam bagian alkitab itu melalui membaca literatur
3.5.8        Menguraikan cara menerapkan hidup baru dalam kehidupan pribadi dan sosial.
3.5.9        Menggali makna karya allah dalam membaharuiKehidupanmelalui membaca literatur
3.5.10    Menggali makna pembaharuan dalam kaitannya dengan pemulihan hidup antara  manusia dengan alam melalui membaca literatur
3.5.11    Menguraikan penjelasan bahan alkitab yohanes 3:1-8, yeremia 31:31-34, 2 korintus 5:17
3.5.12    Menggali makna sebagai pembaharu melalui membaca literatur
3.5.13    Menceritakan nehemia membangun kembali tembok kota yerusalemmelalui membaca literatur
3.5.14    Mengartikan menjadi garam dan terang kehidupanmelalui membaca literatur
3.5.15    Menguraikan indikator sebagai pembaharu kehidupan manusia dan Alam
3.5.16    Menguraikan penjelasan bahan alkitab, matius 5:13-15, nehemia 2:1-20
4.5.1        Merancang karya yang berkaitan dengan peran Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam
·         Mengamati lingkungan sekitar sambil merenungkan, apakah semua yang terjadi di alam adalah karena kebetulan, atau karena Allah yang Mahakuasa mengambil peranan penting?  

·      Melakukan refleksi bagaimana Allah membaharui kehidupan alam dan manusia.

·       Mengaji cerita inspiratif dan menarik hubungannya dengan pengalaman pribadi mereka. Cerita inspiratif bisa diambil dari Alkitab ataupun cerita lainnya tentang Tokoh Humanis atau para pekabar Injil. Inti cerita tentang Pembaharuan Hidup
·      Membahas bagian Alkitab mengenai Allah yang membaharui hidup manusia dan alam. (Jika memungkinkan, peserta didik dapat menonton bersama film tentang Kisah Nuh).  Diambil dari teks Yeremia 1: 4-10 tentang Yeremia yang diangkat oleh Allah untuk mencabut dan merubuhkan, membinasakan dan meruntuhkan, membangun dan menanam, atau dengan kata lain membuang yang rusak dan menghasilkan pembaharuan.
·         Dalam kelompok, membahas bagian Alkitab yang menulis tentang Allah yang membaharui hidup manusia dan alam
·      Membuat tulisan pendek atau karya kreatif lainnya tentang peran remaja Kristen dalam turut serta mendukung pembaharuan hidup manusia dan alam. Tulisan atau karya tersebut dibahas dalam 1 kali pertemuan (dibacakan atau dipresentasikan) (Contoh karya kreatif: tulisan, lukisan, puisi, doa, karya seni lainnya).
24 Jam
·     Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·     Sumber Internet

·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Portofolio


                                                                                                                                                                                           Padangsidimpuan, 17 Juli 2018
Mengetahui
                         Kepala SMA Negeri 4 Padangsidimpuan                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran


                        JAHRONA SINAGA, S.Pd                                                                                                                                                                                           GESMAN HUTAURUK,S.Th
                         NIP .19651228 199512 2 001                                                                                                                                                                                           NIP. 198409012010011015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tata Ibadah Singkat Ulang Tahun Marga

PARTORDING NI ACARA PESTA NO ACARA WAKTU PELAKSANA KET 1 IBADAH 09.00 -11.00 SEKSI IBADAH 2 HATA HUHUASI 1.KETUA PANITIA 2.KETUA TOGA SIPOHOLON 3.PENASEHAT 11.00 -11.30 PANITIA 3 MAMBUAT TUA NI GONDANG 11.30 -12.00 SUDE 4 4.1.LELANG 4.2.MARSIPANGANON 4.3.LELANG 4.4.PILO-PILO SIAN BORU, BERE,  IBEBERE NI TOGA SIPOHOLON 4.5.LELANG 4.6.PILO-PILO:SITUMEANG 4.7.LELANG 4.8.PILO-PILO:SIMANUNGKALIT 4.9.LELANG 4.10.PILO-PILO:            SIBAGARIANG/HUTAURUK 4.11.LELANG 12.00 -17.30 PANITIA 5 PENGUMUMAN JUARA LELANG GOTONG ROYONG SEKALIGUS PASAHATHON HADIAH 17.30-17.45 PANITIA 6 PENGUMUMAN HASIL...

Contoh Liturgi Natal Pelajar

I.                     PENDAHULUAN 1.        PROSESI 2.        PENYALAAN LILIN 2.1.              Pengkhotbah 2.2.              Liturgis 2.3.              Mewakili Guru 2.4.              Pengurus Yayasan Panti Asuhan 2.5.              Ketua Perayaan Natal 3.        KATA SAMBUTAN 3.1.              Ketua Perayaan Natal 3.2.              Mewakili Guru 3.3.    ...

TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN PAK

A.    Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah sebuah konsep integrasi dari tiga unsur yang berbeda; teknologi, pedagogi, dan konten pengetahuan. Pengetahuan tentang ketiganya disatukan menjadi sebuah kemampuan pendidik yang komprehensif dalam dunia pendidikan bernama TPACK. Tiga unsur yang disatukan dalam perencanaan, proses dan evaluasi pendidikan itu menjadi trio yang hebat dalam pengembangan ekosistem pendidikan masa depan yang dikenal sebagai era teknologi digital. Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan (kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan dengan pengembangan jaman. Jadi, TPACK adalah sebuah konsep yang tepat sebagi sebuah instrument implementasi kurik...

PEMBELAJARAN ABAD 21

A.    GLOBALISASI DAN KESADARAN GLOBAL Mungkin kita sudah sering mendengar istilah global ini, terutama saat ini kita memasuki era yang sering disebut dengan era globalisasi. Dari istilahnya saja kita sebenarnya dapat memahami bahwa globalisasi mengandung pengertian proses. Istilah globalisasi saat ini menjadi sangat populer karena berkaitan dengan gerak pembangunan Indonesia, terutama berkaitan dengan sistem ekonomi terbuka, dan perdagangan bebas. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan yang semakin tajam, padatnya informasi, kuatnya komunikasi, dan keterbukaan. Tanpa memiliki kemampuan ini maka Indonesia akan tertinggal jauh dan terseret oleh arus globalisasi yang demikian dahsyat. Sejak kapankah globalisasi muncul? Tidak ada kepastian tentang hal ini, akan tetapi isu globalisasi menerpa di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek kehidupan yang mendapat terpaan globalisasi yang paling kuat adalah aspek ekonomi ( Dollar, David 2007 ). Menjelang tahun ...

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GANJIL

Silabus Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti           Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Kelas / Semester          : X/Ganjil Tahun Pelajaran          : 201 8 /201 9 Alokasi waktu              : 3 jam x 19 minggu - semester 1 No Materi Jam Pelajaran 1. Bertumbuh menjadi dewasa 18 JP 2. Makna kesetiaan,    keadilan, dan kasih 18 JP 3. Peran Roh Kudus bagi orang percaya 18 JP 4. Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain 24 JP 5. Keberadaan Allah...

BANK SOAL KELAS XII

I.PILIHAN GANDA 1.       Didalam ajaran Kristen, Gereja digambarkan sebagai   .... a.        Gedung yang megah b.       perkumpulan c.        Tempat Ibadah d.       Institusi sosial e.        Orang-orang yang dipanggil Tuhan 2.       Sifat Gereja yang memiliki arti bukan sekedar bangunan atau merek denominasi adalah.... a.        kudus b.       persekutuan orang percaya c.        oikumenis d.       satu e.        semua benar 3.       Hubungan Gereja dengan Pemerintah   digambarkan/diceritakan dalam kitab.... a.        Roma b.       Kisah Para ...

EVALUASI PEMBELAJARAN-1

KEGIATAN BELAJAR 1: KONSEP DAN PENERAPAN  PENGUKURAN, PENILAIAN, TES  DAN EVALUASI PEMBELAJARAN Pengukuran, penilaian dan evaluasi adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia penidikan. Hanya dalam praktiknya seringkali terjadi kerancuan dalam penggunaannya. Kenyataan ini dapat dipahami karena istilah-istilah tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sebagai pendidik dipandang penting  mengetahui dengan baik dan benar dari istilah-istilah tersebut.  Ada tujuan, fungsi, prinsisp-prinsip evaluasi, tes, skala pengukuran, pendekatan penilaian dan acuan penilaian. Dan setelah mempelajari materi-materi tersebut diharapkan dapat memahami dengan baik dan benar tentang pengukuran, penilaian, tes dan evaluasi dengan segala unsur dan komponen-komponen tersebut. A. MEMBEDAKAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI 1. Pengukuran Pada hakekatnya mengukur adalah memberikan angka pada fakta yang diukur yang diwujudkan dalam bentuk simbol angka atau bila...

TUJUAN, MANFAAT DAN KELEBIHAN/KEKURANGAN MODEL PEMBELAJARAN

Penerapan model-model Pembelajaran? Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Model Model Pembelajaran yang saya terapkan selama ini di SMA Negeri  4 Padangsidimpuan adalah: 1.     Discovery Learning 2.     Project Based Learning 3.     Problem Based Learning 4.     Pembelajaran Kontekstual 5.     Pembelajaran Inkuiri Apakah   Tujuan, manfaat, fungsi langkah-langkah peran dan  kelebihan dan kekurangannya. 1.     Discovery Learning Tujuan: Model pembelajaran Discovery Learning bertujuan mengarahkan siswa untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan Manfaat: 1.     Membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan keterampilan kognisi. Usaha penemuan merupakan kunci dalam proses ini dimana keberhasilan tergantung pada bagaimana cara belajarnya. 2.     Pengetahuan...

BAHAN PENELAAHAN ALKITAB

BAHAN PANDUAN P.A REMAJA(SISWA/I SMA) I.       BERTUMBUH DAN BERBUAH (YOHANES 15:1-8) SEPERTI  halnya manusia bertumbuh dari bayi menjadi dewasa, setiap orang percaya juga mengalami proses pertumbuhan secara rohani. Ia harus selalu mendapatkan makanan agar dapat bertumbuh. Pada PA kali ini kita kita akan belajar memahami pentingnya tinggal dalam Kristus, bertumbuh dan menghasilkan buah. 1.        Menurut anda, apa itu firman Tuhan? 2.        Baca Yohanes 15 : 1 – 8 3.        Siapakah pokok (batang utama) anggur yang benar dan siapa yg menjadi pengusahanya (ay.1)? 4.        Saat musim semi, setiap ranting pohon anggur akan dipotong ujungnya agar tunas yang baru menghasilan buah (Lih. Ay. 2). Apa saja buah yang dihasilkan oleh orang percaya? (band. Gal 5:22-25). 5.        Sebagai ranting dari ...