Silabus
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti
Satuan
Pendidikan : SMA
Negeri 4 Padangsidimpuan
Kelas
/ Semester : X/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Alokasi
waktu : 3 jam x 19 minggu -
semester 1
No
|
Materi
|
Jam
Pelajaran
|
1.
|
Bertumbuh
menjadi dewasa
|
18
JP
|
2.
|
Makna kesetiaan, keadilan,
dan kasih
|
18
JP
|
3.
|
Peran Roh Kudus bagi orang percaya
|
18
JP
|
4.
|
Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati;
Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain
|
24
JP
|
5.
|
Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan; Karya Allah dalam
membaharui kehidupan; Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia
dan alam.
|
24
JP
|
102
JP
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
1.1 Mensyukuri karunia Allah
bagi dirinya yang terus bertumbuh
sebagai pribadi dewasa
2.1
Mengembangkan perilaku sebagai pribadi yang terus
bertumbuh menjadi dewasa
3.1
Menganalisis
ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh
menjadi dewasa
4.1 Membuat karya yang berkaitan
dengan ciri-ciri pribadi yang terus
bertumbuh menjadi dewasa
|
Menjadi
manusia dewasa dalam iman
·
Bertumbuh
menjadi dewasa
|
1.1.1 Membuktikan perilaku tanggung-jawab,
ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok
2.1.1
Mencontohkan perilaku sebagai pribadi yang
terus bertumbuh menjadi dewasa
2.1.2
Menampilkan sikap tidak mudah
diombang-ambingkan oleh bujuk rayu oleh ajaran-ajaran yang sesat, baik dari dunia keyakinan agama,
maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini.
3.1.1
Menemukan pemahaman tentang remaja melalui
kajian literatur
3.1.2
Menemukan kedewasaan
yang benar melalui kajian literatur
3.1.3
Menegaskan keberanian
bertanggung jawab melalui kajian literatur
3.1.4
Menemukan pemahaman tentang arti kejujuran
melalui kajian literatur
3.1.5
Menganalisis hidup yang terarah kepada
orang lain melalui kajian literatur
3.1.6
Menyimpulkan penjelasan bahan alkitab
samuel 2:26, 1 samuel 3:19, 1 korintus 3:1-9, amsal 2:6, 1 raja-raja 3:16-28
dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.1.7
Membangunkan kedewasaan dalam hidup
sehari-hari
3.1.8
Menganalisis berbagai ajaran sesat melalui
kajian literatur
3.1.9
Menyimpulkan penjelasan alkitab efesus
4:11-15, kolose 1:7-12 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut melalui
kajian literatur
3.1.10 Menyimpulkan
pemahaman tentang tanggung jawab di indonesia
3.1.11 Menemukan
pemahaman tentang tanggung jawab sebagai remaja melalui kajian literatur
3.1.12 Menyimpulkan
penjelasan bahan alkitab kejadian 3:1-13, hakim-hakim 1316, nehemia 2:1-7,
matius 25:31-46 dan lukas 10:30-37 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
4.1.1
Menciptakan karya yang berkaitan dengan
ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh
menjadi dewasa melalui kajian literatur
|
·
Mengamati
perbedaan yang dialami ketika sudah duduk di kelas X, dibandingkan dengan di
kelas IX.
·
Mendiskusikan
Perbedaan antara orang yang dewasa dengan yang belum dewasa.
·
Merumuskan,
apa saja ciri-ciri orang yang sudah dewasa dalam iman dan aspek perkembangan
lainnya.
·
Mewawancarai
dua orang dewasa yang dijadikan panutan, tentang pengalaman yang menolong
mereka untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.
·
Membayangkan,
apa jadinya bila orang bertambah usia, tetapi tidak menunjukkan ciri-ciri
sebagai orang dewasa.
·
Melakukan
kajian tentang perilaku seorang yang berkepribadian matang dalam diri Tuhan
Yesus, tokoh-tokoh Alkitab lainnya, dan melalui Mazmur 90, menyimpulkan, apa saja hal-hal yang harus
dilakukan untuk menjadi dewasa dan bertanggung jawab.spiritual.
·
Memberikan
contoh-contoh pribadi yang dewasa dari
kisah-kisah yang diambil dari media massa/internet.
·
Melaporkan
hasil wawancaranya terhadap dua orang yang jadi panutan.
·
Membuat
komitmen untuk mengembangkan kepribadian yang matang berdasarkan tanda-tanda
manusia yang bertumbuh sebagai pribadi dewasa. Teks Alkitab acuan:
-
1
Korintus 13:11
-
1
Timotius 4:12
-
Yakobus
5: 12
·
Membagikan
apa yang dipelajari tentang ciri-ciri orang dewasa, kepada orang-orang lain
di sekitarnya (rumah, lingkungan).
|
18
JP
|
·
Buku
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·
Sumber
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
|
1.2 Menghayati nilai-nilai
Kristiani: kesetiaan, kasih dan
keadilan dalam kehidupan sosial
2.2
Meneladani
Yesus dalam mewujudkan nilai-nilai
Kristiani: kesetiaan, kasih dan
keadilan dalam kehidupan soial
3.2
Memahami makna nilai-nilai Kristiani: kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan
4.2 Menerapkan nilai-nilai
Kristiani: Kesetiaan, kasih dan
keadilan melalui berbagai aktivitas
|
-
Makna kesetiaan, keadilan, dan kasih
|
1.2.1
Mengikuti
nilai-nilai kristiani kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan sosial
2.2.1
Mematuhi yesus dalam mewujudkan
nilai-nilai kristiani kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan soial
3.2.1
Menguraikan arti cinta kasih kesetiaan
kesediaan untuk berkurban melalui
kajian literatur
3.2.2
Menafsirkan bahwa cinta kasih adalah kekuatan
yang luar biasa melalui
kajian literatur
3.2.3
Menafsirkan bahwa cinta kasih yang memadamkan
api permusuhan melalui
kajian literatur
3.2.4
Menerangkan pemahaman tentang khesed dalam
tradisi yahudi dengan
cara membaca bahan cerita tersebut
3.2.5
Menjabarkan penjelasan bahan alkitab lukas
15:21-24, yohanes 3:16, roma 12:9-21, filipi 2:5-11 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.2.6
Mencontohkan hubungan antara kasih dan
kesetiaan
3.2.7
Membedakan kesetiaan yang benar dengan
kesetiaan yang keliru melalui
kajian literatur
3.2.8
Menjabarkan bukti-bukti tentang kesetiaannya
kepada allah melalui
kajian literatur
3.2.9
Menggali contoh-contoh kesetiaan melalui kajian literatur
3.2.10
Mengartikan penjelasan bahan alkitab kejadian
29:13-28, mazmur 85:9-14, matius 28:18-20 dan yohanes 3:16 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.2.11
Membedakan
kesetiaan yang benar dengan kesetiaan yang keliru melalui kajian literatur
3.2.12
Menguraikan
dari alkitab, tentang makna kesetiaan, kasih dan keadilan seperti yang
diajarkan para nabi dan tuhan yesus melalui kajian literatur
4.2.1
Menjalankan
nilai-nilai kristiani: kesetiaan,
kasih dan keadilan melalui berbagai
aktivitas melalui kajian literatur
4.2.2
Menyusun
rencana untuk mengasihi orang yang selama ini paling sulit ia kasihi melalui kajian literatur
|
·
Mengamati
(atau melakukan studi kasus) dari pengalaman, dan dari berbagai sumber
belajar lainnya, seberapa jauh ada wujud kesetiaan, kasih, dan keadilan di
masyarakat.
·
Melakukan
kunjungan ke kantor pemerintah/Lembaga Hukum, untuk mendapatkan informasi,
bagaimana kantor-kantor tersebut mempraktekkan kesetiaan, kasih dan
keadilan. Kegiatan ini bisa dipakai
sebagai konfirmasi terhadap apa yang sudah ditemukan dari tugas mengamati
sebelumnya.
·
Menggali
dari Alkitab, tentang makna kesetiaan, kasih dan keadilan seperti yang
diajarkan para nabi dan Tuhan Yesus.
·
Mendalami
kembali nilai-nilai Kristiani, seperti buah-buah roh (kasih, sukacita, damai
sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan,
penguasaan diri) yang sudah pernah diekplorasi pada kelas VII. (Teks.Alkitab
yang dipakai: Ul. 16:19-20 ; Maz. 106 : 3 ; Ams. 21:15, 29:4 ; Yes 56 :1 ;
Yer 22:3; Mat. 23:23 ; Roma 3:25-26.; Yoh 15:11-14 ; Filipi 2:5-8. Gal. 5:
22.)
·
Melakukan
kajian dengan menggunakan berbagai sumber, apa dilandasi oleh kasih dan kerelaan
untuk berkorban.
·
Menjelaskan
langkah-langkah yang akan dilakukan dalam 3 bulan mendatang: bagaimana
mewujudkan nilai kesetiaan, kasih, dan keadilan seperti yang telah
diteladaninya dari para nabi dan Tuhan Yesus
·
Membuat
kesimpulan, mengapa nilai-nilai kesetiaan, kasih dan keadilan perlu
diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, dalam berbagai unjuk kerja (puisi,
tulisan di majalah, dsb.).
|
18
JP
|
·
Buku
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·
Sumber
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
|
1.3 Mengakui peran Roh Kudus dalam
membaharui kehidupan orang beriman
2.3
Bersedia
hidup baru sebagai wujud percaya pada
peran Roh Kudus sebagai pembaharu
3.3
Memahami
peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman
4.3
Menyajikan
presentasi berkaitan dengan peran Roh Kudus sebagai pembaharu mengacu pada
Alkitab
|
-
Peran Roh Kudus bagi orang
percaya
|
1.3.1
Mengikuti peran roh kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman
2.3.1
Menata hidup
baru sebagai wujud percaya pada peran
roh kudus sebagai pembaharu
3.3.1
Menguraikan
bagaimana roh kudus berperan dalam terbentuknya Gereja perdana melalui
membaca literatur.
3.3.2
Mengemukakan
beberapa contoh tentang gereja sebagai komunitas baru melalui membaca
literatur.
3.3.3
Yang inklusif
(terbuka) terhadap orang-orang yang ditolak masyarakat.
3.3.4
Menerangkan langkah-langkah
untuk menjadikan gerejanya lebih inklusif melalui membaca literatur.
3.3.5
Menafsirkan
bahan alkitab yeremia 31:31-33, kisah para rasul 2:17-18, lukas 4:17-22,
lukas 4:17-22 galatia 5:18 melalui membaca literatur.
3.3.6
Mengartikan
roh kudus sebagai agen menjabarkan perubahan dalam gereja melalui membaca
literatur.
3.3.7
Menjabarkan
mengenai keterbukaan gereja
3.3.8
Menjabarkan
pemahaman tentang roh kudus dalam pengakuan iman gereja melalui membaca
literatur.
3.3.9
Menjabarkan
pemahaman tentang roh kudus menurut alkitab melalui membaca literatur.
3.3.10 Menafsirkan pemahaman tentang roh memberikan
keberanian melalui membaca literatur.
3.3.11 Menafsirkan pemahaman tentang roh memberikan hidup
dalam kekudusan melalui membaca literatur.
3.3.12 Menafsirkan bahan alkitab 2 timotius 1:7 1 samuel 16
melalui membaca literatur.
3.3.13 Memprediksi apa yang terjadi apabila hidup kita
tidak dipimpin oleh roh melalui membaca literatur.
3.3.14 Menguraikan apa hubungan antara hidup yang dipimpin
oleh roh dengan hidup kudus melalui membaca literatur.
4.3.1
Menyusun
presentasi berkaitan dengan peran roh kudus sebagai pembaharu mengacu pada
alkitab melalui membaca literatur.
4.3.2
Membuat karya
tulis mengenai keterbukaan
Terhadap kaum perempuan melalui membaca literatur
|
·
Mengamati
seberapa jauh kotbah di gerejanya membahas tentang peran Roh Kudus.
·
Mendiskusikan
peran Roh Kudus dalam kehidupan keluarga, gereja dan masyarakat.
·
Mengkaji
peran Roh Kudus berdasarkan ayat-ayat Alkitab sebagai berikut:
-
Roma 15:1-5
-
Markus 13: 11
-
Yohanes 14:16-17, 26; 16:13
-
Roma 5:5; 8:14
-
1 Korintus 12: 7-11
-
Efesus 1: 14
-
Galatia 5: 18
·
Membuat daftar beberapa
bagian Alkitab yang menulis tentang pembaruan hidup oleh Roh Kudus. Pada tiap
bagian Alkitab yang dipilih, peserta didik membuat komentar dan dikaitkan
dengan sikap hidup sehari-hari. Misalnya Roma 8:1-17: Hidup oleh Roh.
· Menuliskan doa yang menunjukkan keyakinannya pada Roh Kudus yang
mengarahkan hidupnya ke arah yang
benar.
·
Mennyimpulkan
pentingnya menyerahkan diri dalam pimpinan Roh Kudus dan membiarkan Roh Kudus
membimbing ke arah hidup yang benar (menyelesaikan konflik, tidak
mementingkan diri sendiri, hidup berkenan di hadapan Allah dan sesama).
|
18
JP
|
·
Buku
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·
Sumber
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Portofolio
|
Padangsidimpuan , 17 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Guru
Mata Pelajaran
JAHRONA
SINAGA, S.Pd
GESMAN
HUTAURUK,S.Th
NIP. 196512281995122001 NIP.
198409012010011015
Komentar
Posting Komentar