Langsung ke konten utama

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GANJIL


Silabus


Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti         
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan
Kelas / Semester         : X/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi waktu             : 3 jam x 19 minggu - semester 1


No
Materi
Jam Pelajaran
1.
Bertumbuh menjadi dewasa
18 JP
2.
Makna kesetiaan,  keadilan, dan kasih
18 JP
3.
Peran Roh Kudus bagi orang percaya
18 JP
4.
Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain
24 JP
5.
Keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan; Karya Allah dalam membaharui kehidupan; Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia dan alam.
24 JP

102 JP


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
1.1      Mensyukuri karunia Allah bagi   dirinya yang terus bertumbuh sebagai pribadi dewasa

2.1    Mengembangkan  perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa

3.1    Menganalisis ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa

4.1      Membuat karya yang berkaitan dengan ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa

Menjadi manusia dewasa dalam iman
·       Bertumbuh menjadi dewasa

1.1.1      Membuktikan perilaku tanggung-jawab, ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.1.1        Mencontohkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
2.1.2        Menampilkan sikap tidak mudah diombang-ambingkan oleh bujuk rayu oleh ajaran-ajaran yang  sesat, baik dari dunia keyakinan agama, maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini.
3.1.1        Menemukan pemahaman tentang remaja melalui kajian literatur
3.1.2        Menemukan kedewasaan yang benar melalui kajian literatur
3.1.3        Menegaskan keberanian bertanggung jawab melalui kajian literatur
3.1.4        Menemukan pemahaman tentang arti kejujuran melalui kajian literatur
3.1.5        Menganalisis hidup yang terarah kepada orang lain melalui kajian literatur
3.1.6        Menyimpulkan penjelasan bahan alkitab samuel 2:26, 1 samuel 3:19, 1 korintus 3:1-9, amsal 2:6, 1 raja-raja 3:16-28 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.1.7        Membangunkan kedewasaan dalam hidup sehari-hari
3.1.8        Menganalisis berbagai ajaran sesat melalui kajian literatur
3.1.9        Menyimpulkan penjelasan alkitab efesus 4:11-15, kolose 1:7-12 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut melalui kajian literatur
3.1.10    Menyimpulkan pemahaman tentang tanggung jawab di indonesia
3.1.11    Menemukan pemahaman tentang tanggung jawab sebagai remaja melalui kajian literatur
3.1.12    Menyimpulkan penjelasan bahan alkitab kejadian 3:1-13, hakim-hakim 1316, nehemia 2:1-7, matius 25:31-46 dan lukas 10:30-37 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
4.1.1        Menciptakan karya yang berkaitan dengan ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa melalui kajian literatur
4.1.2        Menyusun kajian tentang perilaku seorang yang berkepribadian matang dalam diri tuhan yesus, tokoh-tokoh alkitab lainnya, dan melalui mazmur 90,  menyimpulkan, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi dewasa dan bertanggung jawab, melalui kajian literatur
·     Mengamati perbedaan yang dialami ketika sudah duduk di kelas X, dibandingkan dengan di kelas IX.
·     Mendiskusikan Perbedaan antara orang yang dewasa dengan yang belum dewasa.
·     Merumuskan, apa saja ciri-ciri orang yang sudah dewasa dalam iman dan aspek perkembangan lainnya.
·     Mewawancarai dua orang dewasa yang dijadikan panutan, tentang pengalaman yang menolong mereka untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.
·     Membayangkan, apa jadinya bila orang bertambah usia, tetapi tidak menunjukkan ciri-ciri sebagai orang dewasa.
·     Melakukan kajian tentang perilaku seorang yang berkepribadian matang dalam diri Tuhan Yesus, tokoh-tokoh Alkitab lainnya, dan melalui Mazmur 90,  menyimpulkan, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi dewasa dan bertanggung jawab.spiritual. 
·     Memberikan contoh-contoh pribadi yang dewasa dari  kisah-kisah yang diambil dari media massa/internet.
·     Melaporkan hasil wawancaranya terhadap dua orang yang jadi panutan.
·     Membuat komitmen untuk mengembangkan kepribadian yang matang berdasarkan tanda-tanda manusia yang bertumbuh sebagai pribadi dewasa. Teks Alkitab acuan:
-       1 Korintus 13:11
-       1 Timotius 4:12
-       Yakobus 5: 12
·     Membagikan apa yang dipelajari tentang ciri-ciri orang dewasa, kepada orang-orang lain di sekitarnya (rumah, lingkungan).
18 JP
·     Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·     Sumber Internet

·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Portofolio

1.2  Menghayati nilai-nilai Kristiani:  kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan sosial

2.2    Meneladani Yesus dalam mewujudkan  nilai-nilai Kristiani:  kesetiaan, kasih dan keadilan  dalam kehidupan soial

3.2    Memahami  makna nilai-nilai Kristiani:  kesetiaan, kasih dan keadilan  dalam kehidupan

4.2  Menerapkan nilai-nilai Kristiani:  Kesetiaan, kasih dan keadilan  melalui berbagai aktivitas

-       Makna kesetiaan,  keadilan, dan kasih




1.2.1        Mengikuti nilai-nilai kristiani kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan sosial
2.2.1        Mematuhi yesus dalam mewujudkan  nilai-nilai kristiani kesetiaan, kasih dan keadilan  dalam kehidupan soial
3.2.1        Menguraikan arti cinta kasih kesetiaan kesediaan untuk berkurban melalui kajian literatur
3.2.2        Menafsirkan bahwa cinta kasih adalah kekuatan yang luar biasa melalui kajian literatur
3.2.3        Menafsirkan bahwa cinta kasih yang memadamkan api permusuhan melalui kajian literatur
3.2.4        Menerangkan pemahaman tentang khesed dalam tradisi yahudi dengan cara membaca bahan cerita tersebut
3.2.5        Menjabarkan penjelasan bahan alkitab lukas 15:21-24, yohanes 3:16, roma 12:9-21, filipi 2:5-11 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.2.6        Mencontohkan hubungan antara kasih dan kesetiaan
3.2.7        Membedakan kesetiaan yang benar dengan kesetiaan yang keliru melalui kajian literatur
3.2.8        Menjabarkan bukti-bukti tentang kesetiaannya kepada allah melalui kajian literatur
3.2.9        Menggali contoh-contoh kesetiaan melalui kajian literatur
3.2.10    Mengartikan penjelasan bahan alkitab kejadian 29:13-28, mazmur 85:9-14, matius 28:18-20 dan yohanes 3:16 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.2.11    Membedakan kesetiaan yang benar dengan kesetiaan yang keliru melalui kajian literatur
3.2.12    Menguraikan dari alkitab, tentang makna kesetiaan, kasih dan keadilan seperti yang diajarkan para nabi dan tuhan yesus melalui kajian literatur
4.2.1        Menjalankan nilai-nilai kristiani:  kesetiaan, kasih dan keadilan  melalui berbagai aktivitas melalui kajian literatur
4.2.2        Menyusun rencana untuk mengasihi orang yang selama ini paling sulit ia  kasihi melalui kajian literatur
·         Mengamati (atau melakukan studi kasus) dari pengalaman, dan dari berbagai sumber belajar lainnya, seberapa jauh ada wujud kesetiaan, kasih, dan keadilan di masyarakat.
·       Melakukan kunjungan ke kantor pemerintah/Lembaga Hukum, untuk mendapatkan informasi, bagaimana kantor-kantor tersebut mempraktekkan kesetiaan, kasih dan keadilan.  Kegiatan ini bisa dipakai sebagai konfirmasi terhadap apa yang sudah ditemukan dari tugas mengamati sebelumnya.
·       Menggali dari Alkitab, tentang makna kesetiaan, kasih dan keadilan seperti yang diajarkan para nabi dan Tuhan Yesus.
·        Mendalami kembali nilai-nilai Kristiani, seperti buah-buah roh (kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri) yang sudah pernah diekplorasi pada kelas VII. (Teks.Alkitab yang dipakai: Ul. 16:19-20 ; Maz. 106 : 3 ; Ams. 21:15, 29:4 ; Yes 56 :1 ; Yer 22:3; Mat. 23:23 ; Roma 3:25-26.; Yoh 15:11-14 ; Filipi 2:5-8. Gal. 5: 22.)
·       Melakukan kajian dengan menggunakan berbagai sumber, apa dilandasi oleh kasih dan kerelaan untuk berkorban.
·       Menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam 3 bulan mendatang: bagaimana mewujudkan nilai kesetiaan, kasih, dan keadilan seperti yang telah diteladaninya dari para nabi dan Tuhan Yesus
·        Membuat kesimpulan, mengapa nilai-nilai kesetiaan, kasih dan keadilan perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, dalam berbagai unjuk kerja (puisi, tulisan di majalah, dsb.).
18 JP
·     Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·     Sumber Internet

·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Portofolio

1.3  Mengakui peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman

2.3    Bersedia hidup baru sebagai wujud percaya pada  peran Roh Kudus sebagai pembaharu

3.3    Memahami peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman

4.3    Menyajikan presentasi berkaitan dengan peran Roh Kudus sebagai pembaharu mengacu pada Alkitab

-       Peran Roh Kudus bagi orang percaya
















1.3.1        Mengikuti peran roh kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman
2.3.1        Menata hidup baru sebagai wujud percaya pada  peran roh kudus sebagai pembaharu
3.3.1        Menguraikan bagaimana roh kudus berperan dalam terbentuknya Gereja perdana melalui membaca literatur.
3.3.2        Mengemukakan beberapa contoh tentang gereja sebagai komunitas baru melalui membaca literatur.
3.3.3        Yang inklusif (terbuka) terhadap orang-orang yang ditolak masyarakat.
3.3.4        Menerangkan langkah-langkah untuk menjadikan gerejanya lebih inklusif melalui membaca literatur.
3.3.5        Menafsirkan bahan alkitab yeremia 31:31-33, kisah para rasul 2:17-18, lukas 4:17-22, lukas 4:17-22 galatia 5:18 melalui membaca literatur.
3.3.6        Mengartikan roh kudus sebagai agen menjabarkan perubahan dalam gereja melalui membaca literatur.
3.3.7        Menjabarkan mengenai keterbukaan gereja
3.3.8        Menjabarkan pemahaman tentang roh kudus dalam pengakuan iman gereja melalui membaca literatur.
3.3.9        Menjabarkan pemahaman tentang roh kudus menurut alkitab melalui membaca literatur.
3.3.10    Menafsirkan pemahaman tentang roh memberikan keberanian melalui membaca literatur.
3.3.11    Menafsirkan pemahaman tentang roh memberikan hidup dalam kekudusan melalui membaca literatur.
3.3.12    Menafsirkan bahan alkitab 2 timotius 1:7 1 samuel 16 melalui membaca literatur.
3.3.13    Memprediksi apa yang terjadi apabila hidup kita tidak dipimpin oleh roh melalui membaca literatur.
3.3.14    Menguraikan apa hubungan antara hidup yang dipimpin oleh roh dengan hidup kudus melalui membaca literatur.
4.3.1        Menyusun presentasi berkaitan dengan peran roh kudus sebagai pembaharu mengacu pada alkitab melalui membaca literatur.
4.3.2        Membuat karya tulis mengenai keterbukaan
Terhadap kaum perempuan melalui membaca literatur
·         Mengamati seberapa jauh kotbah di gerejanya membahas tentang peran Roh Kudus.
·      Mendiskusikan peran Roh Kudus dalam kehidupan keluarga, gereja dan masyarakat.
·      Mengkaji peran Roh Kudus berdasarkan ayat-ayat Alkitab sebagai berikut:
-        Roma 15:1-5
-        Markus 13: 11
-        Yohanes 14:16-17, 26; 16:13
-        Roma 5:5;  8:14
-        1 Korintus 12: 7-11
-        Efesus 1: 14
-        Galatia 5: 18
·         Membuat daftar beberapa bagian Alkitab yang menulis tentang pembaruan hidup oleh Roh Kudus. Pada tiap bagian Alkitab yang dipilih, peserta didik membuat komentar dan dikaitkan dengan sikap hidup sehari-hari. Misalnya Roma 8:1-17: Hidup oleh Roh.
·       Menuliskan doa yang menunjukkan keyakinannya pada Roh Kudus yang mengarahkan hidupnya  ke arah yang benar.
·      Mennyimpulkan pentingnya menyerahkan diri dalam pimpinan Roh Kudus dan membiarkan Roh Kudus membimbing ke arah hidup yang benar (menyelesaikan konflik, tidak mementingkan diri sendiri, hidup berkenan di hadapan Allah dan sesama).
18 JP
·     Buku Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas X
·     Sumber Internet

·      Lisan
·      Tertulis
·      Penugasan
·      Portofolio



                                                                                                                                   

                                                                                                                                                                Padangsidimpuan , 17 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMA Negeri 4 Padangsidimpuan                                                                      Guru Mata Pelajaran



                        JAHRONA SINAGA, S.Pd                                                                                          GESMAN HUTAURUK,S.Th
                        NIP. 196512281995122001                                                                                        NIP. 198409012010011015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tata Ibadah Singkat Ulang Tahun Marga

PARTORDING NI ACARA PESTA NO ACARA WAKTU PELAKSANA KET 1 IBADAH 09.00 -11.00 SEKSI IBADAH 2 HATA HUHUASI 1.KETUA PANITIA 2.KETUA TOGA SIPOHOLON 3.PENASEHAT 11.00 -11.30 PANITIA 3 MAMBUAT TUA NI GONDANG 11.30 -12.00 SUDE 4 4.1.LELANG 4.2.MARSIPANGANON 4.3.LELANG 4.4.PILO-PILO SIAN BORU, BERE,  IBEBERE NI TOGA SIPOHOLON 4.5.LELANG 4.6.PILO-PILO:SITUMEANG 4.7.LELANG 4.8.PILO-PILO:SIMANUNGKALIT 4.9.LELANG 4.10.PILO-PILO:            SIBAGARIANG/HUTAURUK 4.11.LELANG 12.00 -17.30 PANITIA 5 PENGUMUMAN JUARA LELANG GOTONG ROYONG SEKALIGUS PASAHATHON HADIAH 17.30-17.45 PANITIA 6 PENGUMUMAN HASIL...

Contoh Liturgi Natal Pelajar

I.                     PENDAHULUAN 1.        PROSESI 2.        PENYALAAN LILIN 2.1.              Pengkhotbah 2.2.              Liturgis 2.3.              Mewakili Guru 2.4.              Pengurus Yayasan Panti Asuhan 2.5.              Ketua Perayaan Natal 3.        KATA SAMBUTAN 3.1.              Ketua Perayaan Natal 3.2.              Mewakili Guru 3.3.    ...

TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN PAK

A.    Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah sebuah konsep integrasi dari tiga unsur yang berbeda; teknologi, pedagogi, dan konten pengetahuan. Pengetahuan tentang ketiganya disatukan menjadi sebuah kemampuan pendidik yang komprehensif dalam dunia pendidikan bernama TPACK. Tiga unsur yang disatukan dalam perencanaan, proses dan evaluasi pendidikan itu menjadi trio yang hebat dalam pengembangan ekosistem pendidikan masa depan yang dikenal sebagai era teknologi digital. Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan (kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan dengan pengembangan jaman. Jadi, TPACK adalah sebuah konsep yang tepat sebagi sebuah instrument implementasi kurik...

PEMBELAJARAN ABAD 21

A.    GLOBALISASI DAN KESADARAN GLOBAL Mungkin kita sudah sering mendengar istilah global ini, terutama saat ini kita memasuki era yang sering disebut dengan era globalisasi. Dari istilahnya saja kita sebenarnya dapat memahami bahwa globalisasi mengandung pengertian proses. Istilah globalisasi saat ini menjadi sangat populer karena berkaitan dengan gerak pembangunan Indonesia, terutama berkaitan dengan sistem ekonomi terbuka, dan perdagangan bebas. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan yang semakin tajam, padatnya informasi, kuatnya komunikasi, dan keterbukaan. Tanpa memiliki kemampuan ini maka Indonesia akan tertinggal jauh dan terseret oleh arus globalisasi yang demikian dahsyat. Sejak kapankah globalisasi muncul? Tidak ada kepastian tentang hal ini, akan tetapi isu globalisasi menerpa di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek kehidupan yang mendapat terpaan globalisasi yang paling kuat adalah aspek ekonomi ( Dollar, David 2007 ). Menjelang tahun ...

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GENAP

Silabus Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti           Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Kelas / Semester          : X/Genap Tahun Pelajaran          : 201 8 /201 9 Alokasi waktu              : 3 jam x 19 minggu - semester 2 No Materi Jam Pelajaran 1. Bertumbuh menjadi dewasa 18 JP 2. Makna kesetiaan,    keadilan, dan kasih 18 JP 3. Peran Roh Kudus bagi orang percaya 18 JP 4. Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain 24 JP 5. Keberadaan Allah...

BANK SOAL KELAS XII

I.PILIHAN GANDA 1.       Didalam ajaran Kristen, Gereja digambarkan sebagai   .... a.        Gedung yang megah b.       perkumpulan c.        Tempat Ibadah d.       Institusi sosial e.        Orang-orang yang dipanggil Tuhan 2.       Sifat Gereja yang memiliki arti bukan sekedar bangunan atau merek denominasi adalah.... a.        kudus b.       persekutuan orang percaya c.        oikumenis d.       satu e.        semua benar 3.       Hubungan Gereja dengan Pemerintah   digambarkan/diceritakan dalam kitab.... a.        Roma b.       Kisah Para ...

EVALUASI PEMBELAJARAN-1

KEGIATAN BELAJAR 1: KONSEP DAN PENERAPAN  PENGUKURAN, PENILAIAN, TES  DAN EVALUASI PEMBELAJARAN Pengukuran, penilaian dan evaluasi adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia penidikan. Hanya dalam praktiknya seringkali terjadi kerancuan dalam penggunaannya. Kenyataan ini dapat dipahami karena istilah-istilah tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sebagai pendidik dipandang penting  mengetahui dengan baik dan benar dari istilah-istilah tersebut.  Ada tujuan, fungsi, prinsisp-prinsip evaluasi, tes, skala pengukuran, pendekatan penilaian dan acuan penilaian. Dan setelah mempelajari materi-materi tersebut diharapkan dapat memahami dengan baik dan benar tentang pengukuran, penilaian, tes dan evaluasi dengan segala unsur dan komponen-komponen tersebut. A. MEMBEDAKAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI 1. Pengukuran Pada hakekatnya mengukur adalah memberikan angka pada fakta yang diukur yang diwujudkan dalam bentuk simbol angka atau bila...

TUJUAN, MANFAAT DAN KELEBIHAN/KEKURANGAN MODEL PEMBELAJARAN

Penerapan model-model Pembelajaran? Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Model Model Pembelajaran yang saya terapkan selama ini di SMA Negeri  4 Padangsidimpuan adalah: 1.     Discovery Learning 2.     Project Based Learning 3.     Problem Based Learning 4.     Pembelajaran Kontekstual 5.     Pembelajaran Inkuiri Apakah   Tujuan, manfaat, fungsi langkah-langkah peran dan  kelebihan dan kekurangannya. 1.     Discovery Learning Tujuan: Model pembelajaran Discovery Learning bertujuan mengarahkan siswa untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan Manfaat: 1.     Membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan keterampilan kognisi. Usaha penemuan merupakan kunci dalam proses ini dimana keberhasilan tergantung pada bagaimana cara belajarnya. 2.     Pengetahuan...

BAHAN PENELAAHAN ALKITAB

BAHAN PANDUAN P.A REMAJA(SISWA/I SMA) I.       BERTUMBUH DAN BERBUAH (YOHANES 15:1-8) SEPERTI  halnya manusia bertumbuh dari bayi menjadi dewasa, setiap orang percaya juga mengalami proses pertumbuhan secara rohani. Ia harus selalu mendapatkan makanan agar dapat bertumbuh. Pada PA kali ini kita kita akan belajar memahami pentingnya tinggal dalam Kristus, bertumbuh dan menghasilkan buah. 1.        Menurut anda, apa itu firman Tuhan? 2.        Baca Yohanes 15 : 1 – 8 3.        Siapakah pokok (batang utama) anggur yang benar dan siapa yg menjadi pengusahanya (ay.1)? 4.        Saat musim semi, setiap ranting pohon anggur akan dipotong ujungnya agar tunas yang baru menghasilan buah (Lih. Ay. 2). Apa saja buah yang dihasilkan oleh orang percaya? (band. Gal 5:22-25). 5.        Sebagai ranting dari ...