Langsung ke konten utama

BANK SOAL KELAS XII


I.PILIHAN GANDA
1.      Didalam ajaran Kristen, Gereja digambarkan sebagai  ....
a.       Gedung yang megah
b.      perkumpulan
c.       Tempat Ibadah
d.      Institusi sosial
e.       Orang-orang yang dipanggil Tuhan
2.      Sifat Gereja yang memiliki arti bukan sekedar bangunan atau merek denominasi adalah....
a.       kudus
b.      persekutuan orang percaya
c.       oikumenis
d.      satu
e.       semua benar
3.      Hubungan Gereja dengan Pemerintah  digambarkan/diceritakan dalam kitab....
a.       Roma
b.      Kisah Para rasul
c.       Galatia
d.      Amsal
e.       Efesus
4.      Sejarah Gereja mula-mula dapat kita pelajari dalam kitab.....
a.       Roma
b.      Kisah para rasul
c.       Galatia
d.      Amsal
e.       Efesus
5.      Corak gereja dapat berbeda namun sam-sama melaksanakan tri tugas dan panggilan yang sama yakni....
a.       Marturia
b.      Diakonia
c.       Koinonia
d.      Marturiria dan koinonia
e.       Marturia,Diakonia dan Marturia
6.      Dibawah ini bentuk kerjasama gereja sebagai partisifasi Gereja ditengah masyarakat adalah kecuali....
a.       Membangun sekolah kristen
b.      Membangun panti asuhan
c.       Terlibat dalam kampanye Kepala Desa
d.      Pembinaan generasi muda kristen
e.       Pendidikan dan pelatihan dibidang pertanian,peternakan dan perikanan
7.      Sikap gereja yang memiliki arti menentang kebudayaan adalah....
a.       antagonis
b.      dominatif
c.       dualistis
d.      akomodatif
e.       transformatif
8.      sikap gereja yang memiliki arti mendua hati terhadap kebudayaan adalah....
a.       antagonis
b.      dominatif
c.       dualistis
d.      akomodatif
e.       transformatif
9.      sikap gereja yang memiliki arti menyatu dengan kebudayaan  adalah...
a.       antagonis
b.      dominatif
c.       dualistis
d.      akomodatif
e.       transformatif
10.  dibawah ini yang termasuk ciri remaja yang bertanggungjawab disekolah kecuali....
a.       mengerjakan tugas dengan baik
b.      mematuhi aturan sekolah
c.       melawan guru
d.      tidak mencontek saat ujian
e.       tidak terlambat masuk kelas
11.  cinta kasih adalah suatu kekuatan yang luar biasa. Cinta kasih yang ditunjukkan Allah kepada manusia adalah mutlak tanpa mengharapkan balasan. Hal ini berhubungan dengan ajaran kristen melalui kasih....
a.       agave
b.      philia
c.       eros
d.      storge
e.       semua benar
12.  ada 4 kasih kristus dalamkehidupanorang kristen. Salah satu diantaranya: Kasih berarti kepekaan. Artinya kepedulian dan tanggungjawab terhadap diri sendiri. Hal ini tertulis dalam kitab....
a.       Matius 5:44
b.      Roma 12:1-2
c.       Lukas 10:25-37
d.      Yoh 3:17-18
e.       Roma 8:1-17
13.  bagian Alkitab yang bebicara tentang tindakan gereja dalam mewujudkan  perbuatan konkrit adalah...
a.       Roma 11:12
b.      Matius 5:44
c.       Roma 11:36
d.      Yoh 3:17-18
e.       Roma 12:12
14.  Dalam Roma 12:9-21 Rasul Paulus mengajarkan apa yang dikatakan oleh Yesus yaitu mengatasi kemarahan dengan kasih. Tindakanyang harus kita lakukan berdasarkan ayat tersebuat adalah....
a.       Memberikan minum kepada orang yang haus
b.      Memberi makan orang yang lapar
c.       Mengalahkan kejahatan  dengan kebaikan
d.      Memberikan pakaian kepada orang yang telanjang
e.       Semua benar
15.  Dalam hubungannya dengan kasih. Gereja harus mempraktekkan 2 bentuk kasih yang digambarkan dalambentuk Salib. Hubungan vertikal menunjukkan Kasih antara Yesus kepada manusia dan hubungan Horizontal menunjukkan kasih antara manusia dengan manusia. Yang menggambarkan hubungan kasih antara manusia dengan manusia terdiri dari titah....
a.       I-II
b.      III-IV
c.       I-IV
d.      V-X
e.       Semua benar
II. ESSAY TEST
1.      Tuliskan Pengertian Gereja sebaga i Institusi sosial dan sebagai Persekutuan orang percaya.
2.      Tuliskan dan Jelaskan  Tri Tugas Panggilan Gereja
3.      Jelaskan 4 kasih yang diajarkan didalam agama kristen.
4.      Tuliskan 5 hal yang harus kita lakukan sebagai bentuk kerjasama gereja dengan masyarakat.
5.      Tuliskan 5 hal yang menjadi tantangan Gereja dari dalam tubuh gereja itu sendiri sehingga mengakibatkan kurangnya pertumbuhan pelayanan gereja ditengah masyarakat(tantangan Internal).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Tata Ibadah Singkat Ulang Tahun Marga

PARTORDING NI ACARA PESTA NO ACARA WAKTU PELAKSANA KET 1 IBADAH 09.00 -11.00 SEKSI IBADAH 2 HATA HUHUASI 1.KETUA PANITIA 2.KETUA TOGA SIPOHOLON 3.PENASEHAT 11.00 -11.30 PANITIA 3 MAMBUAT TUA NI GONDANG 11.30 -12.00 SUDE 4 4.1.LELANG 4.2.MARSIPANGANON 4.3.LELANG 4.4.PILO-PILO SIAN BORU, BERE,  IBEBERE NI TOGA SIPOHOLON 4.5.LELANG 4.6.PILO-PILO:SITUMEANG 4.7.LELANG 4.8.PILO-PILO:SIMANUNGKALIT 4.9.LELANG 4.10.PILO-PILO:            SIBAGARIANG/HUTAURUK 4.11.LELANG 12.00 -17.30 PANITIA 5 PENGUMUMAN JUARA LELANG GOTONG ROYONG SEKALIGUS PASAHATHON HADIAH 17.30-17.45 PANITIA 6 PENGUMUMAN HASIL...

Contoh Liturgi Natal Pelajar

I.                     PENDAHULUAN 1.        PROSESI 2.        PENYALAAN LILIN 2.1.              Pengkhotbah 2.2.              Liturgis 2.3.              Mewakili Guru 2.4.              Pengurus Yayasan Panti Asuhan 2.5.              Ketua Perayaan Natal 3.        KATA SAMBUTAN 3.1.              Ketua Perayaan Natal 3.2.              Mewakili Guru 3.3.    ...

TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN PAK

A.    Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) adalah sebuah konsep integrasi dari tiga unsur yang berbeda; teknologi, pedagogi, dan konten pengetahuan. Pengetahuan tentang ketiganya disatukan menjadi sebuah kemampuan pendidik yang komprehensif dalam dunia pendidikan bernama TPACK. Tiga unsur yang disatukan dalam perencanaan, proses dan evaluasi pendidikan itu menjadi trio yang hebat dalam pengembangan ekosistem pendidikan masa depan yang dikenal sebagai era teknologi digital. Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan (kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan dengan pengembangan jaman. Jadi, TPACK adalah sebuah konsep yang tepat sebagi sebuah instrument implementasi kurik...

PEMBELAJARAN ABAD 21

A.    GLOBALISASI DAN KESADARAN GLOBAL Mungkin kita sudah sering mendengar istilah global ini, terutama saat ini kita memasuki era yang sering disebut dengan era globalisasi. Dari istilahnya saja kita sebenarnya dapat memahami bahwa globalisasi mengandung pengertian proses. Istilah globalisasi saat ini menjadi sangat populer karena berkaitan dengan gerak pembangunan Indonesia, terutama berkaitan dengan sistem ekonomi terbuka, dan perdagangan bebas. Era globalisasi ditandai dengan adanya persaingan yang semakin tajam, padatnya informasi, kuatnya komunikasi, dan keterbukaan. Tanpa memiliki kemampuan ini maka Indonesia akan tertinggal jauh dan terseret oleh arus globalisasi yang demikian dahsyat. Sejak kapankah globalisasi muncul? Tidak ada kepastian tentang hal ini, akan tetapi isu globalisasi menerpa di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek kehidupan yang mendapat terpaan globalisasi yang paling kuat adalah aspek ekonomi ( Dollar, David 2007 ). Menjelang tahun ...

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GENAP

Silabus Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti           Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Kelas / Semester          : X/Genap Tahun Pelajaran          : 201 8 /201 9 Alokasi waktu              : 3 jam x 19 minggu - semester 2 No Materi Jam Pelajaran 1. Bertumbuh menjadi dewasa 18 JP 2. Makna kesetiaan,    keadilan, dan kasih 18 JP 3. Peran Roh Kudus bagi orang percaya 18 JP 4. Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain 24 JP 5. Keberadaan Allah...

K-13 SILABUS PAK KELAS X SEMESTER GANJIL

Silabus Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti           Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 4 Padangsidimpuan Kelas / Semester          : X/Ganjil Tahun Pelajaran          : 201 8 /201 9 Alokasi waktu              : 3 jam x 19 minggu - semester 1 No Materi Jam Pelajaran 1. Bertumbuh menjadi dewasa 18 JP 2. Makna kesetiaan,    keadilan, dan kasih 18 JP 3. Peran Roh Kudus bagi orang percaya 18 JP 4. Karunia Allah dalam kepelbagaian; Persahabatan yang sejati; Pacaran yang sehat menurut iman Kristiani; Diriku bersama dengan orang lain 24 JP 5. Keberadaan Allah...

EVALUASI PEMBELAJARAN-1

KEGIATAN BELAJAR 1: KONSEP DAN PENERAPAN  PENGUKURAN, PENILAIAN, TES  DAN EVALUASI PEMBELAJARAN Pengukuran, penilaian dan evaluasi adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia penidikan. Hanya dalam praktiknya seringkali terjadi kerancuan dalam penggunaannya. Kenyataan ini dapat dipahami karena istilah-istilah tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sebagai pendidik dipandang penting  mengetahui dengan baik dan benar dari istilah-istilah tersebut.  Ada tujuan, fungsi, prinsisp-prinsip evaluasi, tes, skala pengukuran, pendekatan penilaian dan acuan penilaian. Dan setelah mempelajari materi-materi tersebut diharapkan dapat memahami dengan baik dan benar tentang pengukuran, penilaian, tes dan evaluasi dengan segala unsur dan komponen-komponen tersebut. A. MEMBEDAKAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI 1. Pengukuran Pada hakekatnya mengukur adalah memberikan angka pada fakta yang diukur yang diwujudkan dalam bentuk simbol angka atau bila...

TUJUAN, MANFAAT DAN KELEBIHAN/KEKURANGAN MODEL PEMBELAJARAN

Penerapan model-model Pembelajaran? Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Model Model Pembelajaran yang saya terapkan selama ini di SMA Negeri  4 Padangsidimpuan adalah: 1.     Discovery Learning 2.     Project Based Learning 3.     Problem Based Learning 4.     Pembelajaran Kontekstual 5.     Pembelajaran Inkuiri Apakah   Tujuan, manfaat, fungsi langkah-langkah peran dan  kelebihan dan kekurangannya. 1.     Discovery Learning Tujuan: Model pembelajaran Discovery Learning bertujuan mengarahkan siswa untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan Manfaat: 1.     Membantu siswa memperbaiki dan meningkatkan keterampilan kognisi. Usaha penemuan merupakan kunci dalam proses ini dimana keberhasilan tergantung pada bagaimana cara belajarnya. 2.     Pengetahuan...

BAHAN PENELAAHAN ALKITAB

BAHAN PANDUAN P.A REMAJA(SISWA/I SMA) I.       BERTUMBUH DAN BERBUAH (YOHANES 15:1-8) SEPERTI  halnya manusia bertumbuh dari bayi menjadi dewasa, setiap orang percaya juga mengalami proses pertumbuhan secara rohani. Ia harus selalu mendapatkan makanan agar dapat bertumbuh. Pada PA kali ini kita kita akan belajar memahami pentingnya tinggal dalam Kristus, bertumbuh dan menghasilkan buah. 1.        Menurut anda, apa itu firman Tuhan? 2.        Baca Yohanes 15 : 1 – 8 3.        Siapakah pokok (batang utama) anggur yang benar dan siapa yg menjadi pengusahanya (ay.1)? 4.        Saat musim semi, setiap ranting pohon anggur akan dipotong ujungnya agar tunas yang baru menghasilan buah (Lih. Ay. 2). Apa saja buah yang dihasilkan oleh orang percaya? (band. Gal 5:22-25). 5.        Sebagai ranting dari ...